Relokasi Pengungsi Gunung Sinabung Terhambat

Relokasi Pengungsi Gunung Sinabung TerhambatHarianDepok.com – Berita – Nasional, Musibah letusan gunung Sinabung pada tahun tahun lalu, mengakibatkan ratusan keluarga yang tinggal berdekatan dengan Sinabung mengungsi ke tempat pengungsian yang dibangun oleh pemerintah.

Hingga kini, terhitung sudah 1,5 tahun lamanya ratusan keluarga tersebut tinggal di tempat pengungsian. Mereka berharap, pemerintah segera melakukan relokasi. Ratusan keluarga yang saat ini masih berada di lokasi pengungsian sementara, diantaranya berasal dari beberapa desa yang berdekatan dengan Sinabung. Yaitu desa Bekerah, desa Sukameriah dan dari desa Simacem. Jumlah keseluruhan keluarga yang menunggu untuk direlokasi sebanyak 370 keluarga.

Pihak pemerintah telah menyiapkan tempat relokasi di desa Siosar, Kecamatan Tiga Panah. Lokasi hunian yang berjarak sekitar 6 hingga 7 kilometer dari gunung Sinabung. Menurut pantauan rekan rekan media di lokasi, daerah tersebut yang direncanakan untuk merelokasi para pengungsi gunung Sinabung, pembangunannya masih belum rampung.

Lokasi bekas hutan produksi dengan luas 458 hektar ini, rencananya akan dibangun rumah tempat tinggal sederhana sebanyak 2.053 unit. Dimana masing masing unit dengan luas 100 meter persegi, terdapat satu ruang tidur, ruang utama dan kamar mandi. Akses listrik sampai saat ini, sudah bisa digunakan. Sementara untuk fasilitas air, masih dalam tahap proses pengerjaan. Untuk pembangunan akses jalan dan hunian tersebut pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp.44,98 milliar. Dana tersebut belum termasuk pembangunan fasilitas fasilitas umum dan lahan lahan pertanian

Pembangunan tempat relokasi bencana Sinabung saat ini masih mengalami hambatan dalam pembangunannya, sehingga pembangunan tersebut seakan akan berjalan lambat. Hal ini dibenarkan oleh Komandan Satuan Tugas Tanggap Darurat Bencana Erupsi Sinabung Letkol (Inf) Asep Sukarna. Dirinya mengakui, bahwa pihaknya mengalami hambatan dalam pembangunan tempat relokasi tersebut.

Saat ini kami terkendala cuaca dan medan yang berat, 1000 personil anggota TNI telah dikerahkan untuk membuat akses jalan menuju lokasi tersebut, agar pendistribusian materil bangunan bisa lebih cepat, ungkapnya. Hingga kini untuk pendistribusian materil, masih dilakukan dengan cara dipanggul dan dibawa dengan tas ransel oleh anggotanya menuju lokasi hunian.

Pemerintah menargetkan, pembangunan hunian untuk pengungsi gunung Sinabung tahap pertama, akan rampung pada Juli mendatang.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Tags: