Menara Masjid Ini Dibangun Dengan Dana Rp 750 juta

Menara Masjid Ini Dibangun Dengan Dana Rp 750 juta

HarianDepok.com – Properti , Salah satu cagar budaya peninggalan sejarah yang ada dikawasan Jl. Karet Depan, Jakarta Selatan yakni Masjid Hidayatullah. Meski letaknya diapit oleh bangunan- bangunan tinggi modern pencakar langit, bangunan ini tetap tidak kehilangan daya tariknya.

Sejak dibangun yang petama kali pada tahun 1747, masjid Hidayatullah selalu ramai dipadati oleh jamaah yang ada disekitar wilayah tersebut. Kini masjid tersebut juga dipadati oleh para karyawan yang bekerja di gedung- gedung yang ada disekitar tersebut.

Tohir selaku sekretaris masjid mengaku setiap hari jamaah kian bertambah, hal ini lag yang menjadi alasan kuat mengapa pengurus masjid tersebut berusaha untuk memperbaikanya. Perbaikan terakhir adalah pada pembangunan menara. Sebelumnya Masjid Hidayatullah memiliki dua menara tinggi dengan tinggi mencapai 12 meter. Menara tersebut difungsikan untuk memperdengarkan adzan kepada para warga.

“apabila kemarin mungkin menara tinggi tersebut suara adzan dapat didengar melalui tempat yaang cukup jauh dari sini. Akan tetapi sejak ada bangunan bertingkat disektar sini, maka tidaklah kedengeran kayak dulu”. Ungkap Tohir Rabu (4/ 2/ 2015).

Oleh karena itu para pengurus masjid memutuskan untuk membangun menara baru yang lebih tinggi dari yang sudah ada saat ini. Keputusan tersebut sudah bulat dikarenakan sudah adanya dana sumbangan dari beberapa pihak yang sudah dikumpulkan.

“bahkan ada hamba Allah yang memberikan donasinya sebesar Rp 400 juta, kami tidak tahu siapa nama dari hamba Allah tersebut. Uang tersebut langsung di transfer ke rekening masjid”. Ungkap Tohir.

Selain hamba Allah masih banyak lagi dari jamaah masjid yang memberikan uangnya secra iklas untuk membangun menara tersebut. Tohir pun mengaku ia tak pernah kesulitan dalam mencari uang untuk membangun masjid.

Setelah proses pendesainan selesai menara langsung dibangun. Di targetkan menara tersebut rampung dibangun dalam waktu 7 bulan. Namun karena terganggu oleh cuaca dan lain sebagainya menara dengan tinggi 27 meter tersebut akhirnya selesai pada 13 bulan kemudian pada tahun 2014 lalu. Adapun total pengeluaran untuk membangun menara tersebut hingga berdiri kokoh menelan biaya hingga Rp 750 juta.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: