Modifikasi Ichiro Membuatnya Jadi Raja Jalanan

Modifikasi ichiro membuatnya jadi raja jalanan

Foto – otomotif.kompas.com

HarianDepok.com – Otomotif – Mobil , Aksi Andi Wenas dalam mengendarai “Ichiro” (nama Suzuki Vitara putih) memang menuai kontroversi. Bagaimana tidak, dari berbagai rekaman video, SUV yang terlihat sudah dimodifikasi gaya off-road ini terlihat sangat berani dan tanpa ragu untuk bergesekan bahkan berbenturan dengan obyek lain di jalan.

Aksi “main hantam” yang selama ini Andi lakukan bersama ichiro memang tak lazim, dimana saat orang lain akan melindungi kendaraan agar tidak bergesekan atau berbenturan, Andi melakukannya dengan “pede”  karena Ichiro dilengkapi spesifikasi khusus yang sudah menempel di body mobil.

Inilah beberapa modifikasi yang berhasil ditangkap dari penampilan ichiro sang raja jalanan.

  1. Ichiro dilengkapi roll bar di bagian luar yang dirangkai melindungi setiap sudut bodi. Kelengkapan dasar ini biasa digunakan oleh para penggemar aktivitas “garuk tanah” untuk menjaga bodi tetap utuh bila mobil berbenturan atau terguling.
  2. Di sebelah kiri terlihat ada snorkel, yang berfungsi meninggikan saluran isap agar mesin tetap aman melintasi genangan air atau banjir walaupun setengah bodi terendam.
  3. Pemasangan lampu sorot yang cukup banyak, termasuk yang menghadap ke belakang juga menandakan Ichiro dapat berpetualang dimalam hari.
  4. Dapat terlihat secara langsung, Ichiro mengenakan pelek dan ban off-road, ini jadi salah satu penyebab kuda-kuda Ichiro meninggi. Pengaturan Suspensi tak lagi standar juga jelas diperuntukan bagi mobil off-road yang hobi menaklukan jalanan terjal berbukit.
  5. Menurut beberapa penggemar SUV, modifikasi juga mungkin sudah diterapkan pada gardan, kopling, transfercase, dan tentunya mesin.
  6. Pada dasbor terlihat banyak kabel indikator tambahan yang melekat di kaca depan bagian dalam. Selain itu, terdapat perangkat komunikasi berupa radio sebagai perlengkapan wajib penjelajah alam.

Kemungkinan besar Ichiro adalah Vitara generasi pertama yang dipasarkan Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia sejak 1992. Karena dari ciri-ciri umum, Ichiro memiliki 4 pintu dan dan transmisi manual seperti halnya yang terdapat pada Vitara keluaran SIS yang menjual Vitara 4-pintu dengan mesin bensin 4-silinder 1.6L (95 tk) dan hanya transmisi manual.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: