Pembeli Gas Elpiji 3kg Akan Di Batasi

Pembeli Gas Elpiji 3kg Akan Di Batasi
HarianDepok.com – Berita – Nasional , Bocornya subsidi pemerintah yang digelontorkan melalui gas 3kg ini, membuat pemerintah pusat mengambil tindakan. Hal ini disebabkan tidak tepatnya sasaran subsidi tersebut. Sampai saat ini gas Elpiji 3kg bersubsidi bukan saja digunakan oleh masyarakat berekonomi rendah, tetapi masyarakat yang tergolong mampu pun menggunakan gas Elpiji tersebut.

Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja mengatakan bahwa pemerintah telah mempunyai dua pilihan untuk menangani permasalahan ini. Pilihan pertama yaitu penyesuaian harga gas 3kg bersubsidi sebesar Rp.3000 atau mengontrol pendistribusian gas 3kg bersubsidi hingga tepat sasaran.

Wira juga mengatakan kementrian ESDM akan mendistribusikan gas Elpiji 3kg dengan cara menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai pengenalnya. Jadi apabila ada yang membeli gas elpiji 3kg bersubsidi tanpa KIS, dipastikan tidak diperbolehkan membeli gas tersebut.

Hal tersebut sudah direalisasikan di kepulauan Batam dan Malang. Pihak pemerintah hingga kini masih menyusun standard planning, untuk implementasinya akan segera dilakukan pada tahun depan, tutup Wira.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: