TransAsia Terjatuh Ke Sungai Hingga Menewaskan 9 Orang

TransAsia Terjatuh Ke Sungai Hingga Menewaskan 9 Orang

HarianDepok – Berita – Internasional , Kecelakaan yang dialami Pesawat TransAsia dilaporkan sebelum terjatuh ke sungai sebelumnya menabrak jembatan Keelung River di Taipei. Dari laporan terkini diketahui sudah ada korban korban jiwa, yang sebelumnya diketahui 10 orang dikabarkan cedera dan masih berada di dalam pesawat.

Seperti yang dikutip Reuters Rabu (4/2/2015) para Pejabat dan media domestik mengatakan “9 Orang tewas dan puluhan lainnya belum ditemukan setelah pesawat Taiwan TransAsia Airways yang membawa 58 penumpang dan awak kapal yang mendarat di sebuah sungai Taipei.”

Tersebar gambar dramatis setelah kecelakaan tersebut yang diambil oleh pengemudi dan di posting di Twitter. Gambar tersebut menunjukkan pada saat hendak mendarat di New Taipei City, pesawat ATR-72 turboprop itu berputar-putar di atas jalan tol dekat bandara. Dan beredar  pula gambar detik-detik pesawat mulai terbang rendah dan miring.

Dari tayangan televisi lokal menunjukkan para penumpang berenang mengenakkan safety jacket dan beberapa penumpang lainnya terdampar di sungai. Tim kru penyeamat membawa perahu karet menuju pesawat yang sebagian sudah terendam air.

Otoritas aeronautika sipil menjelaskan, setelah kecelakaan ada dua orang tewas. Akan tetapi televisi Taiwan kemudian melaporkan korban tewas meningkat menjadi sembilan. “Sejauh ini 16 orang telah diselamatkan, berarti 33 orang lain masih hilang.” Ungkap otoritas aeronautika.

Pesawat yang jatuh saat cuaca cerah itu membawa 58 penumpang dan awak, termasuk 31 turis dari China Daratan, ungkap otoritas pemerintah Taiwan lainnya. Seperti yang ditayangkan televisi setempat, juga terlihat beberapa kerusakan jembatan yang berada di sebelah sungai. Dan serpihan-serpihan kecil dari pesawat tersebar di sepanjang jalan sekitar lokasi kecelakaan.

Pesawat ATR 72-600s yang terlibat dalam kecelakaan Rabu ini merupakan salah satu versi terbaru yang diterima  TransAsia pada tahun 2014. Dengan fasilitas memiliki 72 kursi, yang biasa digunakan untuk menghubungkan ibukota Taiwan, Taipei, dan ke kota-kota di pulau kecil.

Operator terbesar ketiga di Taiwan, TransAsia sebelumnya mengalami insiden kecelakaan serius pada Juli 2014 lalu. Saat penerbangan GE222 mengalami kecelakaan dekat bandara di Pulau Penghu. Di tengah cuaca buruk. Pada saat itu jatuh korban jiwa sebanyak 48 orang tewas, 10 korban lainnya cedera. Pesawat tersebut juga berjenis ATR-72  pesawat baling-baling buatan Toulouse , Prancis.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok