Harga Solar Dapat Turun Menjadi Rp 6.000 Per liter

Harga Solar Dapat Turun Menjadi Rp 6.000 Per liter

HarianDepok.com – Bisnis – Sudirman Said selaku Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) menuturkan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis solar memiliki potensi turun menjadi Rp 6.000/ liter.

Harga tersebut didasarkan pada anggapan terhadap harga rata- rata serta nilai tukar rupiah, ia sudah mengecek harga solar  dan pada dasarnya dengan harga Rp 6.000/ liter sudah dapat diberikan.

Akan tetapi pemerintah belum bisa mengambil keputusan apakah akan menyesuaikan harga solar atau tidak. Hal ini disebabkan karena masih mempertimbangkan perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar kepada Pertamina.

Dwi Soejipto selaku Direktur Utama Pertamina menjelaskan bahwa, harg solar yang realistis dipasaran adalah Rp 6.200/ liter. Apabila harga tersebut ditekan dibawah harga tersebut maka juga akan menekan keungan dari Pertamina. Seperti apa yang ia utarakan, “ Paling ideal Rp 6.200/ liter masih dapat bernafas. Akan tetapi pemerintah memutuskan bagaimana kami siap”. Jakarta, Selasa (3/ 2/ 2015).

Kardaya Warnika selaku Ketua Komisi VII DPR menjelaskan bahwa penentuan harga dari Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan kewenangan dari pemerintah, akan tetapi ia meminta agar pemerintah menjelaskan secara transparan berapa harga yang paling aktual dengan asumsi harga di pasaran saat ini. “Sebagai Wakil Rakyat kami ingin mengetahui hitung- hitunganya tersebut seperti apa”. Ungkap Kardaya.

Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar untuk saat ini adalah Rp 6.400/ liternya. Sementara itu bahan bakar minyak (BBM) jenis premium adalah Rp 6.600/ liter. Harga tersebut merupakan harga yang ditetapkan per 18 Januari 2015.

Sebelumnya pemerintah memang mencabut subsidi dari bahan bakar minyak (BBM) sejak 1 Januari 2015. Kendati demikian pemerintah masih ikut  campur dalam menentukan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ada di pasaran. Dengan kata lain harga bahan bakar minyak (BBM) yang beredar di pasaran harganya akan menyesuaikan harga pasaran minyak mentah dunia dengan ketentuan perubahan harga akan dikontrol dan ditetapkan oleh pemerintah.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: