Pemkot DKI Jakarta Akan Meneruskan Pembangunan Dari Rusun Marunda

Pemkot DKI Jakarta Akan Meneruskan Pembangunan Dari Rusun Marunda

HarianDepok.com- properti- Rencananya Dinas Penataan Kota DKI Jakarta akan melanjutkan pembangunan 1000 menara rusun (rumah susun) di tahun ini. Pembangunan itu akan difokuskan kepada daerah Marunda yang ada dikawasan Jakarta Utara.

Sutikno selaku Kepala Seksi dari perencanaan Kota DKI Jakarta menuturkan bahwa pembangunan rusun yang ada di kawasan Jakarta pada tahun 2015 ini difokuskan di kawasan Marunda. Planing tersebut sudah sesuai dengan Renacana dari Tata Ruang Wilayah tahun 2030 untuk kawasan DKI Jakarta yang dicanangkan pada tahun 2012.

“pada dasarnya kita memang sudah diamanatkan untuk merancang 1000 rusun yang ada di daerah Marunda. Kita juga sudah menempatkan daerah Marunda sebagai zona rusun yang murah. Oleh karena itu pembangunan 1000 menara rumah susun pada tahun 2015 ini akan kita konsentrasikan di daerah tersebut”. Ungkap Sutikno, Jakarta Selasa (3/ 2/ 2015).

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa perencanaan pembangunan rumah rusun tersebut digarap bersama Dinas Perumahan serta pengembangan yang bekerjasama dengan Real Estat Indonesia (REI). Hal tersebut dilakukan melewati kewajiban kontribusi pihak pengembang untuk menyediakan hunian yang baik dan layak huni.

“kita sendiri yang nantinya akan meminta kontribusi kepad para pengembang guna membuat 1000 menara rumah rusung tersebut. Biasanya kerjasama tersebut dilakukan dengan bantuan REI. Terdapat sebuah inzin dengan prinsip dimana para pengembang mempunyai kewajiban untuk menyediakan hunian yang yang layak bagi masyarakat dengan penghasilan rendah. Kewajiban tersebut lalu diakumulasikan di Dinas Perumahan selanjutnya membangun tower yang ada diwilayah yang sudah disediakan.” Tutur Sutikno.

Program 1000 rusun sendiri merupakan program dari pemerintah yang memiliki tujuan untuk mengurangi kekurangan hunian bagi warga, terlebih yang ada di kawasan Jakarta. Sebelumnya program tersebut sempat terhambat karena ada regulasi yang cukup menyulitkan bagi para pengembang.

Sutikno pun kembali memaparkan, Konsistensi dari pemerintah sangat diperlukan untuk supaya proyek ini berjalan dengan lancar dan terealisasi secara tuntas. Hal ini mengingat masih terdapat banyak warga yang kekurangan hunian.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)