Abraham Samad Dipastikan Jadi Tersangka, Ungkap Kabareskrim

Abraham Samad Dipastikan Jadi Tersangka, Ungkap Kabareskrim

HarianDepok – Berita – Naional , Menurut penjelasan Budi Waseso Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Inspektur Jendral (Pol), bahwa Abraham Samad Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi akan di tetapkan sebagai tersangka pada salah satu kasus yang dilaporkan ke Polri. Di pelataran Bareskrim, Kompleks Mabes Polri, Selasa (3/2/2015) pagi Budi mengatakan “Pasti jadi (tersangka) , pastinya.”

Walau demikian, Budi belum dapat memastikan kapan penyidik Bareskrim akan menetapkan Abraham sebagai tersangka. Itu bukan kewenangan dirinya, hal itu menjadi kewenangan penyidik. Budi juga belum dapat memastikan soal kapan Abraham akan diperiksa, sebab hal itu juga kewenangan penyidik.  Dirinya hanya sebatas mendapatkan laporan atas kasus-kasus yang dilaporkan menyangkut Abraham.

Sementara itu, Komisaris Besar Rikwanto Kepala Bagian Penerangan Umum Polri  mengatakan  Kejaksaan Agung telah menerima surat perintah penyidikan  (sprindik) Abraham. Akan tetapi dia lupa kapan sprindik dilayangkan. “Surat itu terkait kasus ‘rumah kaca’ yang dilaporkan oleh Muhammad Yusuf,” ucap dia.

Direktur Eksekutif KPK Watch M Yusuf Sahide membuat Sprindik berdasarkan kasus yang dilaporkan ke Bareskrim Polri pada Senin (26/1/2015) lalu. Pelapor menyangka pada masa pemilu Presiden 2014, pertemuan Abraham dengan petinggi partai politik membahas kesepakatan mengenai proses hukum yang melibatkan politisi PDI-P,Izedrik Emir Moeis. Kesepakatan itu menyangkut keinginan Samad menjadi calon Wakil Presiden bagi Jokowi dan Emir Moeis mendapatkan keringanan hukum.

Emir Moeis  di vonis Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dalam kasus suap proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Tarahan, Lampung, tahun 2004. Emir di denda Rp 150 juta subsider 3 bulan penjara, dan di vonis 3 tahun penjara.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok