SDN Mekarjaya 4 Kota Depok, Menjadikan Musik Angklung Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler

SDN Mekarjaya 4 Kota Depok, Menjadikan Musik Angklung Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler

HarianDepok.com – Berita – Sukmajaya , Peserta didik yang berada di kota depok kini diharuskan untuk aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler seni tradisional. Karena hal ini sangat penting untuk diajarkan yang akan mengasah kepekaan serta kepedulian peserta didik terhadap keseimbangan dalam hidup bermasyarakat dan juga lingkungan nantinya. Salah satu ekstrakulikuler yang di ajarakan di sekolah mekarjaya 4 depok ini adalah seni angklung yang merupakan salah satu karya seni yang berasal dari jawa barat. Untuk smentara ini yang aktif dalam belajar seni angklung sebanyak 32 siswa yang dipandu oleh nana marlina. Pelatihan ini sudah berjalan aktif dan banyak para siswa yang antusias untuk mengikutinya.

Pemandu nana marlina ini juga menyatakan bahwa dia bekerja sama denagn komite serta orang tua siswa dalam menyelenggarakan ekstrakulikuler aklung yang kini juga suadh memiliki seperangkat alat musik angklung. Kegiatan seni angklung ini dilakukan setiap hari sabtu setelah sepulang sekolah. Nana juga menyatakan bahwa KBM merupakan hal yang penting untuk mengasah potensi mereka , sehingga selain diberikan materi- materi formal juga perlu di ajarkan materi kesenian. Dan hal ini juga akan menyeimbangankan kemampuan siswa dalam bidang keilmuan serta kesenian, tuturnya saat ditemui senin kemaren (2/2/2015) di kawasan depok. Seni juga merupakan kegiatan olah rasa terhadap kepedulian.

Bagi nana, seni musik angklung ini penting untuk terus dikembangakan dan juga dilestarikan. Oleh sebab itulah SDN mekarjaya 4 ini mencoba untuk menanamkan rasa nasionalisme  dan juga penerus generasi bangsa terhadap peserta didik dengan terus melestarikan musik angklung ini. Untuk mencetak generasi bangsa yang potensialdan berjiwa nasionalime, maka sejak dini harus ditanamkan rasa tersbut kepada anak- anak kita. Karena bangsa ini membutuhkan generasi- generasi yang peka terhadap budaya yang dimiliki dan juga kecintaannya terhadap budanya. Sehingga akan bisa selalu terjaga kelestarian budaya hingga akhir hayat, pungkasnya nana. Musik angklung khas jawa barat ini terus dilakukan pelestarian. Dan hal ini akan menstimulus daerah- daerah yang lain untuk melestarikan kebudayaan yang dimilikinya.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: