Tingkok Menjadi Negara Yang Mendominasi Gedung Pencakar Langit

Tingkok Menjadi Negara Yang Mendominasi Gedung Pencakar Langit

HarianDepok.com- Properti – Trend pembangunan gedung pencakar langit diperkirakan akan semakin meningkat. Pada tahun ini saja akan terdapat 105 hingga 130 proyek bangunan gedung tinggi pencakar langit yang akan selesai pada tahun ini.

CTBUH (Council  Tall Buildings and Urban Habitat) telah memberikan prediksinya hal tersebut dan negeri Tirai Bambu (Tiongkok) untuk sekali lagi akan mendominasi pembangunan tersebut dengan 106 proyek bangunan pencakar langitnya yang diperkirakan akan arampung pada tahun ini.

Sesuai yang diungkapkan CTBH, perkembangan dan pertumbuhan bangunan pencakar langit dikarenakan oleh kondisi perekonomian yang ada saat ini. Di Tiongkok, tower dengan ketinggian mencapai 632 meter akan siap beroprasi pada tahun 2015 ini. Bangunan tersebut akan menjadi bangunan tertinggi di Tiongkok serta menjadi bangunan tertinggi ke dua di Dunia. Senin (2/2/2015)

Tidak hanya di Shanghai, di beberapa kota yang lainya juga akan dipenuhi dengan bangunan yang serupa. Dari Las Vegas yang ada di Amerika Serikat, hingga  Moskow- Rusia. Tak hanya itu terdapat banyak tambahan properti pencakar langit lainya yang diperkirakan akan derencanakan dan di usulkan.

Selain itu, CTBUH juga memaparkan bahwa pertumbuhan bangunan pencakar langit pada tahun 2015 ini sebagai kelanjutan dari tahun kemarin. Belum terpecahkan hingga saat ini tahun 2014 sebagai tahun pemecah rekor untuk gedung pencakar langit. Sedikitnya terdapat 97 gedung yang dibangun dengan ketinggian mencapai 200 meter.

Dari jumlah keseluruhan bangunan yang ada tersebut, sebelas diantaranya masuk kedalam klasifikasi supertall karena memiliki ketinggian diatas 300 meter. Tentu hal ini sebagai torehan baru sekaligus rekor. Bagaimana tidak, apabila dibandingkan dengan tahun 2011 hanya ada 87 bangunan pencakar langit yang mampu digarap.

Dimulai sejak tahun 2000 jumlah properti pencakar langit meningkat hingga 352 persen. Dalam jumlah keseluruhan tersebut, Tiongkoklah yang memnberikan sumbagangan terbanyak bangunan pencakar langitnya. Menyusul Tiongkok adalah negeri tetangga Filipina dengan 5 bangunan pencakar langit, Qatar serta timur tengah masing- masing berhasil membangun 4 bangunan, lalu disusul dengan 3 bangunan pencakar langitnya yakni Amerika Serikat, sama dengan jumlah bangunan yang dibangun oleh Kanada, Jepang dan Indonesia.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: