Melemahnya Dolar, Rupiah Ambil Kesempatan

Melemahnya Dolar, Rupiah Ambil Kesempatan

HarianDepok – Berita – Bisnis  ,  Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka menguat, lantaran sentimen negatif di Negeri Paman Sam telah menekan dolar AS. Nampaknya data sektor manufaktur  Amerika mengecewakan. Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) menguat 52 poin atau 0.4 % ke Rp 12.633 / USD. Saat melansir Bloomberg Dollar Index, Selasa (3/2/2015). Dan pagi ini, Rupiah bergerak dikisaran Rp 12.623 – Rp 12.687 / USD.

Dan menurut informasi, menurunnya data PMI manufaktur  ISM ke level  53.5 di Januari akibat melemahnya Greenback, lebih rendah dari ekspektasi 54.5 dan level 55.5 di bulan sebelumnya.  Dalam setahun seiring turunnya tingkat pesanan sektor manufaktur AS berekspansi dengan laju paling lambat. Sebuah sinyal bahwa pelemahan pada pasar luar negeri menekan sektor manufaktur AS.

PMI sektor manufaktur dan institute for Supply Management turun menjadi 53.5 dari yang sebelumnya 55.1 pada bulan Desember. Anjloknya harga minyak membatasi penjualan pada pihak manufaktur seperti Caterpillar Inc. Hambatan lain bagi eksportir Amerika adalah karena melambatnya pertumbuhan Eropa hingga China serta penguatan dolar AS.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok