Stadion Sepakbola Gedebage Terbesar Ke 2 Setelah GBK

HarianDepok.com | Sepakbola , Nasional, Pembangunan stadion baru sepakbola Gedebage yang akan menjadi hombase klub isl Persib dalam proses tahap akhir , dan di kabarkan bangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage ini akan menjadi stadion terbesar kedua setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno, ditargetkan rampung pada Maret mendatang. Bangunan utama stadion yang terletak di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, kini rampung 88 persen.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menyaksikan langsung progres pengerjaan Stadion Gedebage, Selasa (8/1), menegaskan bahwa pihaknya optimis target penyelesaian tercapai. Target awal penyelesaian pada akhir 2012, namun meleset karena faktor cuaca.

“Dengan tetap mempertimbangkan faktor cuaca, 12 persen bangunan utama yang tersisa, akan beres akhir Maret nanti,” ujar Gubernur Heryawan yang sering disapa Aher menjawab wartawan.

Ditanya wartawan soal nama stadion yang bakal menjadi pusat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 pada 2016, Aher mempersilakan para pihak yang terkait untuk memusyarahkan dan memutuskan nama yang tepat dan terbaik.

“Silakan musyawarahkan (nama resmi SUS Gedebage). Saya tidak ikut musyawarahnya. Silakan para pihak memilih nama yang terbaik. Yang pasti, Pemprov mempersembahkan khusus stadion megah ini untuk Jawa Barat, Persib Bandung, dan spesial kepada para Bobotoh,” papar Aher lagi.

Bobotoh adalah sebutan buat suporter fanatik Persib Bandung. Bobotoh bernaung dalam beberapa kelompok, antara lain Viking dan Bomber (Supporter Persib Salawasna).

Gubernur Heryawan saat berkunjung ke SUS Gedebage yang menelan anggaran Rp 495 miliar ini, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar. Aher juga disambut puluhan bobotoh Bomber yang terus menyanyikan lagu kebangsaan Persib dan yel-yel spesial yang diperuntukkan buat Gubernur Heryawan.

Aher menambahkan, untuk persiapan PON ke-19, pihaknya akan membentuk tim khusus. Tim ini akan merumuskan kebutuhan vanue semua cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Sebagian fasilitas pertandingkan memakai vanue lama yang akan direnovasi. Sedangkan sebagian lagi di vanue yang akan dibangun di Kota Bandung dan beberapa Kab/Kota lain di Jabar.

“Kita kalkulasi semua, mana vanue yang cukup memadai dan seperti apa renovasinya. Sebagian lain membutuhkan vanue baru. Nanti diputuskan kebutuhannya seperti apa dan dimana lokasinya,” tandas Aher.

Kita tunggu berita selanjutnya dan perkembangan pembangunan stadion sepakbola yang di gadang-gadang akan menjadi yang terbesar ke 2 setelah gelora bung karno, dan semoga saja sesuai dengan standart stadion internasional.

(rds,adm,spkbl,nsl)

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)