Kembalikan Buku Setelah 65 Tahun Dipinjam, Bayar Denda Rp 30 juta

HarianDepok.com – Berita Unik, Seorang pria asal Inggris Sir Jay Tidmarsh (82 tahun) mengembalikan buku yang telah dipinjamnya selama 65 tahun. Buku yang berjudul Ashenden karya W Somerset Maugham itu dipinjamnya pada tahun 1949, saat ia masih bersekolah di Taunton School. Buku Ashenden sendiri berisi kumpulan cerita pendek tentang mata-mata Inggris selama Perang Dunia I. Mantan pengusaha itu secara tak sengaja menemukan buku pinjaman itu saat membersihkan rak buku di rumahnya. Dilansir dari laman Telegraph, Inggris, Sir Jay Tidmarsh bahkan membayar iuran peminjaman bukunya selama 65 tahun tersebut. "Saya terkejut ketika membuka buku itu dan melihat cap bertanda  Taunton School di buku itu. Saya pikir saya harus  mengembalikan buku dan membayar iurannya, " Ujarnya. Sir Jay dan istrinya Lady Virginia akhirnya memutuskan untuk pergi ke Taunton School dan bertemu dengan pihak sekolah untuk menjelaskan tujuannya, yaitu mengembalikan buku dan membayar iuran peminjamannya selama 65 tahun. Pihak sekolah tidak pernah menyangka atas tindakan yang dilakukan Sir Jay yang mengembalikan buku tersebut. Akhirnya, sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap tindakan Sir Jay dan Istrinya, mereka diajak untuk makan siang bersama dengan pihak sekolah. Selain mengembalikan buku itu, Sir Jay juga membayar denda buku setelah meminjamnya selama 65 tahun sebesar 1.500 poundsterling  atau sekitar Rp 30 juta. Sementara itu, Neil Longstreet, Direktur Taunton School merasa tersanjung dengan apa yang telah dilakukan oleh Sir Jay dan dirinya berharap dari tindakan Sir Jay tersebut akan ada orang-orang yang melakukan hal yang sama.  "Sir Jay adalah contoh orang yang sangat terhormat dan kami benar-benar senang untuk menerima kembali buku perpustakaan itu,” kata Neil. Dia menyebutkan, pihak sekolah memberi kesempatan pada pihak lain yang masih meminjam buku untuk segera mengembalikan buku perpustakaan."Dengan demikian, kita dapat mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk mengembangkan perpustakaan," tuturnya.

HarianDepok.com – Berita Unik , Seorang pria asal Inggris Sir Jay Tidmarsh (82 tahun) mengembalikan buku yang telah dipinjamnya selama 65 tahun.

Buku yang berjudul Ashenden karya W Somerset Maugham itu dipinjamnya pada tahun 1949, saat ia masih bersekolah di Taunton School. Buku Ashenden sendiri berisi kumpulan cerita pendek tentang mata-mata Inggris selama Perang Dunia I.

Mantan pengusaha itu secara tak sengaja menemukan buku pinjaman itu saat membersihkan rak buku di rumahnya.

Dilansir dari laman Telegraph, Inggris, Sir Jay Tidmarsh bahkan membayar iuran peminjaman bukunya selama 65 tahun tersebut.

“Saya terkejut ketika membuka buku itu dan melihat cap bertanda  Taunton School di buku itu. Saya pikir saya harus  mengembalikan buku dan membayar iurannya, ” Ujarnya.

Sir Jay dan istrinya Lady Virginia akhirnya memutuskan untuk pergi ke Taunton School dan bertemu dengan pihak sekolah untuk menjelaskan tujuannya, yaitu mengembalikan buku dan membayar iuran peminjamannya selama 65 tahun.

Pihak sekolah tidak pernah menyangka atas tindakan yang dilakukan Sir Jay yang mengembalikan buku tersebut. Akhirnya, sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap tindakan Sir Jay dan Istrinya, mereka diajak untuk makan siang bersama dengan pihak sekolah.

Selain mengembalikan buku itu, Sir Jay juga membayar denda buku setelah meminjamnya selama 65 tahun sebesar 1.500 poundsterling  atau sekitar Rp 30 juta.

Sementara itu, Neil Longstreet, Direktur Taunton School merasa tersanjung dengan apa yang telah dilakukan oleh Sir Jay dan dirinya berharap dari tindakan Sir Jay tersebut akan ada orang-orang yang melakukan hal yang sama.

“Sir Jay adalah contoh orang yang sangat terhormat dan kami benar-benar senang untuk menerima kembali buku perpustakaan itu,” kata Neil.

Dia menyebutkan, pihak sekolah memberi kesempatan pada pihak lain yang masih meminjam buku untuk segera mengembalikan buku perpustakaan.”Dengan demikian, kita dapat mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk mengembangkan perpustakaan,” tuturnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)