Tembak di Tempat Untuk Aksi Begal

Tembak di tempat untuk Aksi Begal

Ilustrasi

HarianDepok.com – Berita – Beji , Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Erlangga Masdiana mengatakan tindakan pembegalan yang terjadi di Kota Depok selama sebulan terakhir ini dikarenakan karena himpitan ekonomi.

“Motif pelaku pembegalan adalah hanya karena ingin mendapatkan uang,” ungkap Erlangga menanggapi fenomena pembegalan yang kian marak di Depok.

Erlangga juga menyatakan, melihat dari pola yang telah ada, peristiwa pembegalan sepeda motor biasanya terjadi di awal tahun. karena di awal tahun kegiatan-kegiatan ekonomi akibat dari perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masih belum berjalan apalagi saat ini kondisi perubahan harga BBM yang sempat naik menjadi pemicu harga-harga kebutuhan ekonomi menjadi tidak stabil.

“Kegiatan-kegiatan ekonomi masih belum banyak, dan belum stabil” jelasnya.

Menurutnya, pembegalan dilakukan rata-rata oleh pelaku yang bergerombol dan berkelompok. Artinya, tidak memungkinkan hanya satu orang yang membegal, apalagi yang sudah ditangkap kepolisian menunjukkan pelaku masih berusia muda.

“Lihat yang sudah tertangkap, Mereka rata-rata remaja tanggung pengangguran,” ujar Erlangga.

Ia juga menyarankan kepada kepolisian agar apabila penangkapan dirasa sulit, maka dapat dilakukan tembak ditempat bagi pelaku, agar anggota kelompok begal yang lain jera dan tidak berani melakukan pembegalan lagi.

“Aksi tembak di tempat pelaku begal oleh polisi lebih bagus lagi diberitakan oleh media, sehingga menimbulkan efek takut dan jera bagi pelaku lain,” ujar Erlangga, saat dihubungi ROL, Senin (2/2).

Aksi aparat kepolisian,tentunya harus didukung dengan ditambahnya jumlah petugas keamanan bersenjata di tempat-tempat sepi dan rawan pembegalan. Sebab, keamanan jalan raya tidak hanya bisa mengandalkan masyarakat setempat, karena terkadang masyarakat juga takut untuk menghadapi pelaku kejahatan.

“Sekarang pihak aparat juga sangat terbatas, masyarakat juga cenderung merasa takut dengan pelaku kejahatan,” kata dia.

Wilayah Jabotabek saat ini merupakan wilayah rawan terhadapa ancaman pembegalan sepeda motor. Terlebih di daerah Depok yang dalam sebulan terakhir ini marak kejadian pembegalan dan parahnya kejadian tersebut tidak hanya terjadi di jalan-jalan kecil melainkan jalan-jalan yang besar. Oleh karena itu, Erlangga berharap pihak kepolisian segera menunjukkan sikap tanpa ampun agar kasus pembegalan bisa terbasmi secara tuntas demi keamanan dan kenyamanan bersama khususnya untuk warga Depok.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)