Budi Gunawan Tepis Panggilan Dari KPK

Budi Gunawan Tepis Panggilan Dari KPK

Foto – nasional.kompas.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Budi gunawan sebagai komjen pol ini beserta dengan  kuasa hukumnya mangkrir dari panggilan oleh KPK untuk dilakukan pemeriksaan. Budi gunawan menganggap bahwa surat panggilan dari KPK ini tidaklah memenuhi persyaratan  hukum yang berlaku, sehingga dia menyatakan bahwasanya surat tersbut cacat karena hanya ditandangani oleh pihak 2 komisioner Komisi Pembereantasan Korupsi (KPK). Akan tetapi pernyataan tersebut dibantang oleh ferly harun selaku pakar hukum negara, dia menyatakan bahwa KPK merupakana  kepemimpinan dalam bentuk sisten kolektif kelogial. Sehingga ketika dalam memutuskan sesuatu pihak KPK hanya membutuhkan minimal 2 pimpinan, sehingga hal tersbut tidaklah melanggar tatanan yang berlaku.

Sekarang ada yang bilang bahwa menentukan keputusan jika dilakukan oleh 2 pemimpin itu salah, sementara itu dalam pedoman sudah dijelaskan bahwasannya dengan 2 saja sudah sah, karena KPK merupakan institusi yang tidak boleh itu jika hanya satu pemimpin saja, tegas pakar hukum negara, rafly huarun kemaren dikawasan jakarta (01/02/2015). Adanya dugaan korupsi terhadap salah satu anggota KPK yang berkedudukan menjadi wakil pemimpin KPK yaitu bambang widjayanto ini menjadikan formali di tataran KPK menjadi berkurang. Dan sementara ini yang ada hanya abraham samad dan 2 wakilnya zulkarnaen dan pandu praja. Dari kesemua yang tertinggal ini beberapa waktu yang lalu abraham samad dan adnan diadukan dengan berbagai tuduhan ke bareskrim polri.

Rafly juga menuturkan bahwa dalam sistem kolektif kolegial ini pemimpin yang disisikan minimal adalah 2 orang, sehingga ketika abraham  beserta adnan menjadi tersangka dari tunduhan tersebut, maka jokowi harus siap dalam menunjuk pelaksana tugas dengan menerbitkan perpu. Untuk sementara ini kondisi KPK dan juga Polri masih belum stabil dan banyak polemik didalamnya. Sehingga hal ini menjadi kendala bagi mereka yang sebagai penegak hukum. Kasus budi gunawan ini memang berlarut lama, dan masih belum terselesaikan sampai saat ini. Bahkan pihak KPK sendiri pun juga masih belum dikatakan bersih dari kegiatan- kegiatan korupsi.

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: