Banyak Minum Air, Memperparah Penderita Penyakit Ginjal

Banyak Minum Air, Memperparah Penderita Penyakit Ginjal
HarianDepok.com – Kesehatan, Air adalah salah satu zat penting bagi kehidupan manusia. Manusia memiliki organ tubuh yang lebih dari 50 persennya mengandung cairan. Oleh karenanya air sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai pengganti cairan tubuh yang setiap harinya keluar.

Dari kutipan diatas dapat kita simpulkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi air, semakin baik kondisi tubuh.

Beda halnya dengan penderita penyakit ginjal. Semakin banyak mengkonsumsi air semakin memperparah kondisi ginjal pada penderita penyakit ginjal. Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis penyakit dalam Dharmeizar.

Pengidap penyakit ginjal harus membatasi cairan yang masuk ke dalam tubuh, karena gangguan pada ginjal menyebabkan pengidap penyakit ginjal tidak bisa mengeluarkan ‘urine’ secara normal. Apabila tidak dibatasi cairan yang masuk, maka akan memperparah kondisi pengidap penyakit ginjal.

Dharmeizar menjelaskan. Produksi ‘urine’ pada pengidap penyakit ginjal akan lebih sedikit dari biasanya,oleh karena itu cairan yang masuk harus dibatasi juga. Misalnya orang yang mengidap penyakit ginjal hanya memproduksi 200cc ‘urine’ dalam sehari, berarti cairan yang diperbolehkan dikonsumsi hanya kurang dari 2 liter saja.

Penyakit ginjal timbul disebabkan oleh beberapa hal yang sering kita abaikan. Beberapa diantaranya adalah kurangnya minum air putih setiap harinya, sering menahan buang air kecil, terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan yang mengandung zat kimia, makan makanan yang menggunakan pengawet, sering mengkonsumsi minum minuman beralkohol.

Untuk mencegah timbulnya kerusakan pada ginjal, baiknya seseorang memperbanyak minum air putih, serta makan makanan yang sehat. Seperti sayur mayur, makanan rendah kalori, buah buahan serta olahraga yang cukup.

[Izl/Nurmungil/HD]

Tags:
author

Author: