Untuk Yang Pertama, Singapura Mengembangkan Villa Islami

Untuk Yang Pertama, Singapura Mengembangkan Vila Islami

HarianDepok – Properti ,  MUIS atau Sayap Binis Properti Dewan Agama Islam Singapura, Warees Investment secara resmi pada Sabtu (31/1/2015) yakni Villa yang mengusung konsep Islami. Proyek tersebut merupakan proyek pertama yang dikembangkan di negeri Singapura.

Alias Villas sendiri berada pada area wakaf yang di Jalan Haji Alias. MUIS sendiri memberikan penawaran terhadap proyek ini dengan masa sewa selama 99 tahun. Sementara itu, untuk jadwal pembangunanya sendiri di jadwalkan akan rampung pada tahun 2017 nanti.

Dengan diluncurkanya Alias Villas ini sendiri merupakan bagian dari sekema revitalisasi yang kini tengah berlangsung guna meningkatkan nilai aset properti yang bersifat wakaf. Sistem wakaf dalam Islam sendiri artinya adalah memanfaatkan lahan serta properti yang telah diwariskan kepada seorang muslim untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh umat.

Lahan Alias Vilas diwariskan sejak tahun 1905 beserta dengan masjid yang ada di sampingnya yakni masjid Al Huda yang memiliki usia 110 tahun. MUIS sendiri kini tengah melakukan perbaikan dan renovasi terhadap masjid tersebut sejak Jini 2013 dan dijadwalkan akan rampung pada Maret 2015. Perbaikan serta renovasi ini telah menelan biaya sebesar 1,1 juta dollar Amerika Serikat. Dana sebesar itu rencananya akan diganti dengan hasil penjualan dari vila- vila Alias Villas.

“ seluruh konsep ini adalah untuk benar- benar membuka nilai wakaf yang ada pada kami, oleh karena itu poyek ini merupakan contoh yang sangat baik, yang sebuah masjid telah diwariskan dan sebidang tanah kecil yang ada di sampingnya digunakan secara maksimal. Hal ini kami manfaatkan dengan nantinya ada hasil pendapatan bagi masjid serta para penerima manfaat dari tanah yang diwakafkan”, ungkap Yaacob Ibrahim, Menteri Urusan Muslim Singapura.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa memang sudah tugas dari MUIS untuk meningkatkan nilai aset waka yang ada serta memaksimlkan nilai potensi yang ada yang pada akhirnya dapat di manfaatkan lagi oleh umat. Selain dapat memberikan penghidupan bagi masyarakat sekitar dengan adanya proyek ini juga dapat bermanfaat bagi pembangunan dan renovasi masjid yang ada.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: