Apple Iphone Terancam Tidak Bisa Masuk Ke Indonesia

Apple Iphone Terancam Tidak Bisa Masuk Ke Indonesia
HarianDepok.com – Tekno , Apple salah satu merk terkenal yang memiliki produk smartphone Iphone, terancam tidak bisa masuk ke Indonesia. Hal ini terhubung oleh keputusan kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada jumpa pers di Jakarta pada Jum’at tadi (30/01/2015) dengan tema Reformasi Perizinan Bidang Pos Telekomunikasi dan Perizinan Spektrum Frekuensi.

Yang pada jumpa pers tersebut menjelaskan bahwa, setiap smartphone yang diimpor ke Indonesia harus mempunyai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 40 persen dari produknya. Rencananya putusan tersebut akan dilaksanakan pada 1 Januari 2017 mendatang.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam jumpa pers tadi mengatakan, Iphone juga harus mengikuti aturan ini, jika tidak pemerintah tidak akan mengizinkan peredaran Iphone di Indonesia, ujarnya.

Jika para produsen produsen smartphone ingin memasukan barangnya ke Indonesia, mereka masih mempunyai waktu dua tahun dari sekarang untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait keputusan yang telah disepakati oleh pemerintah Indonesia.

Syarat syarat TKDN yang harus duikuti oleh vendor yaitu ‘smartphone’ impor harus mengandung komponen buatan dalam negeri sebesar 40 persen dari total keseluruhan komponen komponen yang ada di produk produk impor. Jadi sisanya sebesar 60 persen masih diperbolehkan menggunakan komponen luar negeri.

Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos Informatika Muhammad Budi Setiawan juga memberikan solusi untuk putusan ini, semua vendor yang memegang produk produk buatan luar negeri harus memiliki pabrik di Indonesia atau bekerja sama.

Dalam artian, vendor bisa membangun pabriknya sendiri dan membuat produk produknya di Indonesia atau bekerja sama dengan pihak ketiga. Misalnya bekerja sama dengan PT Satnusa yang ada di Batam atau dengan PT lainnya yang bergerak dibidang yang sama, tutup Budi.

[Izl/AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)