Pemerintah Merencanakan Penghapusan PBB, BPHTB dan NJOP

Pemerintah Merencanakan Penghapusan PBB, BPHTB dan NJOP
HarianDepok.com – Berita – Nasional , Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk kepemilikan rumah, toko maupun tempat tempat lainnya pemilik wajib mengeluarkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tiap tahunnya, serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Nilai Jual Objek Pajak juga rencananya akan ikut dihapuskan. Hal ini dilakukan karena semakin banyaknya warga yang terhambat untuk memiliki rumah sendiri akibat dari beberapa hal tersebut. Oleh karenanya, pemerintah pusat berharap dengan adanya rencana ini, semoga bisa mempermudah masyarakat untuk memiliki rumah sebagai tempat tinggal.

Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, mengatakan bahwa pihaknya memang merencanakan penghapusan beberapa hal mengenai properti dan pertanahan.Sebagai permulaan pihaknya akan menghapuskan PBB, NJOP dan BPHTB kepemilikan rumah tinggal, rumah sakit dan tempat ibadah.

Untuk tempat yang ditujukan sebagai sarana jual beli atau dikomersilkan seperti hotel, warung makan dan properti lain diatas 200 meter persegi, akan tetap dikenakan pajak seperti biasa. Untuk bangunan dibawah dari 200 meter persegi, Ferry mengatakan akan bebas dari beban BPHTB.

Ferry berjanji rancangan ini akan segera rampung dan segera diajukan kepada Kementerian Keuangan, agar bisa segera direalisasikan dilapangan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: