Indonesia selalu bisa atasi konflik bersenjata

Indonesia selalu bisa atasi konflik bersenjata

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Perdamaian papua dibawah pemerintahan jokowi kini terbuka lebar. Agus wandi selaku pekerja perdamaian PBB menyatakan bahwa sekarang ini perdamian difokuskan pada papua. Sebagaimana yang menjadi komitmen presiden jokowi yang akan mempermudah dalam pembangunan kembali optimesme yang ada di bumi papua. Pernyataan ini diterangkan oleh agus wandi ketika dia berada di workshop internasional rabu kemaren (28/01/2015), dalam acara experiences and lessons learned from asia. Agus slaim ini yang aktif di UNDO Rapid Response team di resolusi konflik juga menyatakan bahwa indonesa bisa dijadikan sebagai suri tauladan dalam kesuksesannya menyelesaikan konflik bersenjata.

Kedamaian yang kini dinikmati oleh warga ambon, aceh serta poso tidak terlepas dari adanya kerjasama kepemimpinan pemerintah dengan berbagai pihak yang mengupayakan dalam pembuatan strategi perdamaian  secara inklusif, dialogis dan juga demokratis. Keberhasilan indonesia dalam membuat ketiga daerah menjadi damai dalam konflik domestik ini, bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk negara- negara yang kini memiliki permasalahan yang sama termasuk timur tengah dengan konflik yang tiada hentinya, tutur agus. Sementara itu, oky nugroho selaku direktur eksekutif juga menyatakan bahwa perdamaian bisa diciptakan ketika seluruh pihak baik itu pemimpin elite dan juga masyarakat sipit terlibat pada partisipasi dialogis. Sehingga dapat dikatakan upaya yang paling efektif dalam menyelesaikan konfilk bisa dilakukan dengan cara dialogis inklusif semua pihak.

Luhut binsar pandjaitan juga menyatakan bahwa model konflik bersenjata yang ada di indonesia bisa teratasi dengan baik. Penyelesaian ini bisa dijadikan sebagai inspirasi dan contoh untuk negara lain. Meskipun dalam mengatasi hal ini bukanlah hal yang mudah, akan tetapi indonesia selalu berhasil mengatasinya dengan damai. Bagaimanapun konflik itu terjadi, yang dirugikan adalah negara dan masyarakat. tambahnya luhut saat membuka acara workshop. Tantangan terbesar yang dimiliki oleh negara khususnya untuk indonesia adalah melanggengkan serta mengisi perdamaian agar tidak terjadi kesenjangan antar daerah. Oleh karena itu upaya pemerintah yang dilakukan saat ini memastikan kesejahteraan ekonomi rakyat melalui pemerataan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: