‘Racking’ Sistem Serta Solusi Pergudangan Modern

‘Racking’ Sistem Serta Solusi Pergudangan Modern

HarianDepok.com – Bisnis , Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis konsumsi, bisnis warehoese (Pergudangan) kini juga ikut berkembang pesat. Akan tetapi, hanya dapat dihitung dengan jari pergudangan yang representatif sesuai dengan kebutuhan industri yang ada saat ini.

Beberapa industri terutama industri makanan sangat erat kaitanya dengan masa kadaluarsa konsumsi. Oleh sebab itu, industri yang semacam ini juga membutuhkan gudang penyimpanan yang khusus dengan menegemen yang khusus pula.

Marcell Gunawan selaku Direktur PT Mulia 41 menjelaskan banyak perusahaan yang memiliki gudang tempat penyimpanan akan tetapi tidak dsertai dengan sistem menagemen yang baik.

“mereka sebenarnya memiliki gudang tempat penyimpanan barang- barang namun ditumpuk begitu saja. Mana barang yang termasuk masuk duluan dan mana barang yang akan dikeluarkan tidak dikelola dengan baik dan benar. Akan tetapi dengan membangun sistem Racking, manajemen bisa menjadi solusi yang ampuh untuk permasalahan di warehouse.” Rabu, (28/ 1/ 2015).

Marcel memaparkan, dengan dipasangnya sistem Racking area penyimpanan yang dibutuhkan tidak terlalu besar. seperti sitem Racking STOW produk asal belgia. Tidak seperti rak pada ummnya, STOW memiliki sertifikasi FEM Eropa.

Sementara itu, Hadi Sampurna selaku Komisaris PT Mulia 41 memaparkan, sebelum dilakukan pemasangan rak terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti berapa jumlah barangnya, apa jenis barangnya dan berapa beratnya.

Pada dasarnya STOW sendiri sudah ada sejak tiga puluh lima tahunyang lalu, diantara produknya adalah Mezza Stow, Drive in Racking, Stowshelf, Pal  Rack, dan Stow Mobile. Sedangkan untuk produk unggulanya adalah sistem palet shuttle atau disebut denga Stow Atlas.

Utuk Stow Atlas dapat bergeser sesuai denga struktur racking. Shuttle ini mampu bergerak mengikuti jalurnya yang memudahkan bongkar muat barang hingga rak yang paling dalam. Oleh karena itu, rak dapat disesuiakan dengan kapasitas penyimpanan sehingga lebih rapat dan optimal.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: