263 KG Sisik Trenggiling Disita Oleh BKSDA Jawa Barat

263 KG Sisik Trenggiling Disita Oleh BKSDA Jawa Barat

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Kini BKSDA (Badan konservasi sumber daya alam) yang berada di jawa barat telah menyita sisik trenggiling sebanyak 263 kg, yang dinyatakan sebagai bahan dari obat terlarang. Sisik trenggeling ini sudah dikemas dengan rapi sebanyak 14 paket yang sudah siap hantar ke hongkong senin kemaren ribuan sisik trenggeling ini sebelum dikirim kehongkong, transit terlebih dahulu di bogor kemudian kejakarta dan akan dikirim langsung ke hongkong. Sebelumnya BKSDA ini menginformasikan kepada ari wibawanto selaku kepala BSKDA Wilayah II jawa barat. Bahwa ada pengiriman sisik trenggiling, lalu 14 paket ini disita oleh kantor pos yang berada di cibanong.

Alamat tujuan pengiriman dari jakarta ke bogor. Namun kali ini penyelidikan masih saja berlangsung, petugas masih mencari informasi terkait dengan inisial CS sebagai tujuan trenggiling ini di kirim. Namun ketika petugas menyelidiki rumah dari tujuan barang tersebut dikirim, sudah tidak berpenghuni. Untuk itu para petugas masih mencari- cari hingga menemukan orangnya. Tutur ari saat diwawancari reporter malam tadi (26.01/2015).  Ari selaku kepala BKSDA ini masih menyatakan bahwa bukti sekarang diamankan oleh petugas, dan langkah yang harus dilakukan sekarang adalah mencari orang yang berinisial CS. Sementara itu untuk mengaburkan dari isi paket sisik trenggiling ini, pada dokumen pengiriman dituliskan udang kering. Paket isi sisik trenggiling ini di kemas dengan rapi mengunakan kardus dan dilakban dengan kuat sehingga bau dari sisik trenggiling ini tidak tercium.

Sisik trenggiling ini menurut ari, adalah salah satu bahan yang digunakan untuk mmebuat kosmetik, bahan obat dan juga narkotika yang berjenis ssabu. Sehingga harga persisiknya sangatlah mahal, satu sisik diharga US$ I. Sementara itu ari juga menyatakan bahwa pemesan sisik trenggiling kebanyakan adalah negara singapura dan hongkong, sementara trenggiling banyak ditemukan di daerah kalimantan, jawa dan sumatera, tegas ari.  Hewan trenggilingg ini di indonesia tidak boleh diperdagangkan sebagaimana diatur dalam UU No 5 tahun 1990 yang berisi tentang konservasi sumber daya alam serta ekosistem. Dan jika pasal ini telah dilanggar maka pelaku akan dikenakan 5 tahun penajra dan denda 100 juta.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)