Izin Operasional Freeport Diperpanjang atau Tidak, Tergantung Perkembangan Enam Bulan Kedepan

Izin Operasional Freeport Diperpanjang atau Tidak, Tergantung Perkembangan Enam Bulan Kedepan
HarianDepok.com – Berita – Nasional , PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan investasi Amerika Serikat yang bergerak dalam usaha pertambangan emas di Indonesia. Emas yang dihasilkan Freeport sebanyak 300 kilogram perharinya. Freeport telah beroperasi di Indonesia sejak 25 tahun yang lalu.

Pemerintah Indonesia hanya mendapatkan 1 persen dari hasil pendapatan Freeport di lokasi penambangan. Hal ini dikutip dari kompas.

Pada masa enam bulan kedepan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) R Sukhyar, akan mengkaji ulang dan menyelesaikan amandemen kontrak PT Freeport.

Untuk menyelesaikan putusan putusan kontrak tersebut, pemerintah Indonesia dan pihak PT Freeport sepakat untuk melakukan mediasi dan pembahasan selama enam bulan kedepan.

Keseriusan PT Freeport dalam mendapatkan perpanjangan izin operasional telah dibuktikan oleh Freeport dengan berinvestasi di tambang bawah tanah ‘underground mining’ senilai 15 milliar dollar AS. Hingga sampai saat ini kurang lebih telah 6 milliar dollar AS telah direalisasikan.

Sukhyar juga mengatakan, PT Freeport selama masa pembahasan enam bulan ini harus ada kontrak dengan teknologi provider. Walaupun teknologi yang saat ini digunakan oleh Freeport sudah berjalan.

Apabila PT Freeport tidak menunjukkan keseriusan dalam menangani perpanjangan izin operasi di Indonesia, maka lain lagi ceritanya. Tutup Sukhyar.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Tags: