Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja di Kantor atau di Kelas Pagi dan Siang Hari

Cara Mengatasi Ngantuk
HarianDepok.com – Kesehatan – Tips & Cara , Rasa kantuk terkadang menghinggapi semua orang disaat tubuh dan otak lelah. kali ini saya ingin memberikan tips cara mengatasi ngantuk yang tepat, berikut tipsnya:

Berdiri dari tempat duduk dan bergeraklah
Dalam sebuah studinya, robert thayer, phd, profesor asal california state university, long beach, meneliti perbandingan pada khasiat sebatang permen atau berjalan kaki sepanjang 10 menit untuk membuat seseorang lebih jadi terjaga. Meski sebatang permen dapat berikan dorongan daya yang cepat, para partisipan justru jadi lebih capek dan berkurang energinya sejam sesudah itu. Dengan berjalan kaki sepanjang 10 menit menambah energi sepanjang 2 jam. Karena berjalan kaki memompa darah ke pembuluh darah, otak, & otot.

Istirahat mata untuk mencegah kelelahan
Menatap satu titik yang sama bisa menyebabkan mata tegang serta memperparah rasa kantuk & kelelahan. Alihkan pandangan dari monitor selama beberapa menit secara periodik untuk merilekskan otot mata.

Camilan sehat untuk menambah tenaga
Camilan manis mampu memberikan dorongan tenaga yang kemudian diikuti dengan rasa lelah ketika kadar gula pada darah sedang rendah yang memproduksi rasa letih. Camilan sehat, seperti selai kacang pada kracker gandum / batang seledri, yoghurt dengan kacang / buah segar, dan wortel kecil dengan krim keju rendah lemak.

Cara mengatasi ngantuk dengan Mengobrol
Jika merasa mulai didera kantuk, cobalah untuk memulai perbincangan untuk mengaktifkan otak kita. Kita bisa mencoba untuk bercengkerama mengenai hal-hal yang sesuai dengan minat kita, atau hal-hal yang menjadi kontroversi belakangan ini.

Pencahayaan ruangan
Pencahayaan yang redup akan semakin memperparah rasa kantuk. Studi menunjukkan bahwa eksposur terhadap cahaya terang dapat mengurangi rasa kantuk. Cobalah untuk menambah tingkat pencahayaan di ruang kerja kita.

Cara mengatasi ngantuk dengan Mengambil napas dalam-dalam
Menarik napas dalam-dalam dapat meningkatkan level oksigen dalam darah. Hal ini akan memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, serta memperlancar sirkulasi, membantu performa & energi mental. Tarik lalu hembuskan napas secara teratur selama beberapa menit.

Selamat mencoba.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer