Pengusaha Asal China Beli 20% Saham Atletico Madrid

Wang Jianlin

 

HarianDepokCom – Sepakbola – Liga Spanyol , Investor dari China  Wang Jianlin, yang menguasai Dalian Wanda Group. Wang kabarnya harus mengeluarkan uang sebesar 45 juta euro (sekitar Rp 651 miliar) untuk membeli 20 persen saham Atletico.

Ternyata kabar masuknya modal dari China ke Atletico Madrid ternyata bukan isapan jempol belaka.

Wang menjadi pengusaha Cina pertama yang menanamkan modal di klub Eropa. Lahir di Cangxi County, 24 Oktober 1954, Wang kini menjadi chairman Dalian Wanda Group, perusahaan pengembang perumahan terbesar di Cina. Dalam beberapa waktu terakhir aktif membeli merek-merek asing di tengah lesunya pasar properti di dalam negeri. Dia pun menjadi pengelola perusahaan film terbesar di Cina yakni AMC Entertainment Holdings. Saat ini, dia tercatat sebagai orang terkaya kedua di Cina.

“Kami senang bisa berkontribusi untuk membuat Atletico semakin berkembang. Kami juga berharap bisa menimba pengalaman dan sangat berguna bagi perkembangan sepak bola di Tiongkok,” ujar Wang.

“Investasi ini tidak hanya memberi kesempatan emas bagi pemain muda China untuk dapat bermain di luar negeri, karena itu Wanda memilih klub sepak bola terkenal. Ini juga bagian memperkuat kualitas sepak bola China dan mempersempit jarak dengan kemajuan sepak bola negara Eropa,” ucap Wang.

Pada musim lalu, Atletico menjuarai La Liga dan berhasil lolos ke final Liga Champions sebelum ditundukkan Real Madrid. Meski demikian, klub menghadapi kesulitan keuangan dalam beberapa tahun terakhir dan menanggung utang mencapai 500 juta euro.

Pembelian oleh Wang bisa memperluas basis pendukung Atletico di Tiongkok dan membuka luas kemungkinan masuknya sponsor-sponsor baru.

 

 

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten