Menpora Dan Tim Sembilan Pelajari Statuta FIFA

Statuta FIFA

 

 

HarianDepok.com – Sepakbola – Nasional , PSSI terus menggunakan statuta FIFA sebagai tameng jika ada upaya pemerintah mengkritisi kinerja mereka.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, meminta Tim Sembilan agar mempelajari statuta FIFA yang melarang PSSI sebagai salah satu organisasi di bawah FIFA mendapat campur tangan dari pihak ketiga.

Menurut dia, pemerintah mempunyai hak untuk mengawasi seluruh cabang olahraga. Oleh karena itu, Kemenpora pun membentuk Tim Sembilan yang beranggotakan sembilan orangdari pelbagai keahlian guna mengawasi dan memperbaiki kinerja PSSI.

“Saya harap Tim Sembilan mempelajari statuta dari FIFA. Jangan-jangan itu hanya cara untuk menakut-nakuti langkah kita. Oleh karena itu, beri kami kesempatan untuk mendalaminya,” kata Nahrawi usai Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

“FIFA jangan dijadikan alat untuk melindungi sistem yang tidak baik pada salah satu negara. Tim Sembilan nanti yang akan mempelajari dan mendalami statuta tersebut. Termasuk apakah kita pernah melanggar statuta FIFA atau tidak,” beber Nahrawi.

Imam Nahrawi mengakui ?Pasal 13, 14, dan 17 Statuta FIFA tak memperbolehkan adanya intervensi pemerintah terhadap organisasi sepakbola di suatu negara. Namun Imam menduga ada upaya PSSI berlindung dari perbaikan yang akan dilakukan, dengan legitimasi Statuta FIFA.

Maka Imam meminta agar Tim 9 diberi kesempatan untuk lebih mendalami bagaimana sesungguhnya seluk-beluk Statuta FIFA. Lagipula, Indonesia tak pernah melanggar peraturan dari Asosiasi Sepakbola Internasional itu.

 

 

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten