Resep Masakan Bolu Gulung Kukus Pandan

Resep Masakan Bolu Gulung Kukus Pandan

HarianDepok.com – Resep Masakan – Resep bolu gulung kukus termasuk dalam resep kue basah. Dibandingkan dengan resep kue lainnya, Resep bolu kukus ini cara membuat nya cukup sederhana dan ekonomis tidak membutuhkan banyak bahan. Walaupun begitu, kalau masalah rasa, kue bolu gulung kukus ini tidak kalah enak dan lezat dibandingkan dengan resep kue kukus lainnya. Tekstur nya juga cukup lembut sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Oke untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan dan cara membuat bolu gulung kukus sederhana di bawah ini.

Bahan – Bahan :

  1. Seperti resep kue basah lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Ayak tepung sebelum digunakan supaya tidak ada kotoran yang menempel.
  2. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir.
  3. Pasta pandan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  4. Buttercream kualitas bagus secukupnya untuk melapisi bagian dalam kue bolu gulungnya.
  5. Santan kental kurang lebih sebanyak 50 ml.
  6. Gula putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram.
  7. Cake emulsifer atau biasa dikenal juga dengan pengembang kue kurang lebih sebanyak satu sendok kecil.
  8. Kertas roti.

Cara Membuatnya :

  1. Ambil wadah ukuran sedang besar untuk membuat adonan utamanya.
  2. Masukkan gula putih yang sudah dipersiapkan dan pengembang kue nya kedalam wadah adonan. Aduk aduk sebentar supaya tercampur rata.
  3. Pecahkan telur ayam dan masukkan satu persatu ke dalam wadah adonan di atas. Kocok semua bahan sampai mengembang.
  4. Masukkan tepung terigu protein sedang ke dalam adonan di atas. Aduk aduk semua bahan memakai spatula supaya tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan tepung.
  5. Masukkan santan yang sudah dipersiapkan ke dalam adonan di atas. Aduk aduk supaya tercampur rata.
  6. Masukkan juga pasta pandan ke dalam adonan diatas lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  7. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus kue bolu pandannya. Tuang adonan bolu gulung di atas ke dalam loyang dan ratakan di dalam loyangnya.
  8. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kukus adonan bolu gulung sampai matang atau kurang lebih membutuhkan waktu 20-24 menit supaya benar benar matang.
  9. Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu sampai uap panas dari kue hilang sebelum di olesi buttercream di bagian atasnya.
  10. Kelurkan dengan cara dituang kue bolu gulung di atas kertas roti. Segera olesi bagian atas kue bolu dengan buttercream yang sudah dipersiapkan sebelumnya sampai semua bagian tertutup rata.
  11. Setelah menggulung bolu yang sudah diolesi buttercream lalu tekan dan padatkan supaya menempel dan membentuk gulungan sempurna.

 

[Irma wulandari/HD]

 

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer