Walikota Depok Hijrah Ke Amerika Mendapat Protes Dari Beberapa Kalangan.

Walikota Depok Hijrah Ke Amerika Mendapat Protes Dari Beberapa Kalangan.
HarianDepok.com – Berita , Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail bersama istri dan anak anaknya pergi berangkat ke tanah paman sam ini diduga akan menemui anaknya yang menempuh pendidikan di negeri tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Depok, Nessy Andari saat di konfirmasi oleh media indonesia selasa(20/01/2015), membenarkan bahwa sang wali beserta anak anaknya pergi ke amerika. Dan untuk biaya pergi ke sana pak wali menggunakan uang pribadinya, bukan dari uang negara, ungkap Nessy saat dikonfirmasi masalah kepergian Nur ke negeri paman Sam.

Keberangkatan Nur beserta isteri dan kedua anaknya ke negeri tersebut diduga DPRD belum memperoleh izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. DPRD minta kepada Mendagri untuk segera memanggil Nur mengenai kepergiannya ke luar negeri.

Anggota Komisi Keuangan dan Aset Daerah DPRD Kota Depok, Bernhard Simorangkir ketika ditanya hal tersebut mengatakan bahwa kepala daerah tidak boleh melakukan kunjungan ke luar negeri sembarangan. Karena kepala daerah telah terikat kontrak dan jabatan kepada pemerintah.

Direktur Forum Riset Ekonomi Sosial dan Humanity (Fresh) Murthada Sinuraya juga mengomentari hal tersebut. Menurut dia, Nur yang masa jabatannya akan segera berakhir, seharusnya untuk tidak pergi ke luar negeri selama masa jabatannya belum berakhir jika belum ada persetujuan dari Mendagri.

Murthada menegaskan, kepergian kepala daerah harus berdasarkan tiga aturan yakni Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2002 tentang penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah, Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2006 tentang perjalanan dinas ke luar negeri dan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor D-32/M. Setneg/Setmen/07/2007 tentang perjalanan dinas ke luar negeri.

Aturan aturan tersebut berlaku untuk pejabat daerah termasuk anggota DPRD. Jadi harus mengantongi izin dulu dari Mendagri, tutupnya.

[AndriIDaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)