Ketika Ada Bank Asing, Maka Sektor Properti Akan Tumbuh Pesat

Ketika Ada Bank Asing, Maka Sektor Properti Akan Tumbuh Pesat

HarianDepok.com­­ – Properti , Panangian Simanungkalit sebagai pengamat properti serta Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) memaparkan Senin (19/1/2015), hadirnya bank asing yang ada di kota- kota besar serta lapis kedua merupakan indikator bahwa bisnis properti yang ada di kawasan tersebut memiliki prospek yang positif.

Menurutnya, kehadiran bank asing tersebut seperti di Pekan Baru, Balikpapan, Makassar, Medan, dan Batam terbukti memberikan adanya peningkatan disektor bsinis properti.

“seperti di Pekanbaru ada CIMB Naiga, DBS Bank, BII Maybank, dan Commonwealth Bank. Hadirnya mereka seiring dengan pertumbuhan properti yang ada di daerah tersebut. Bahkan kalau kita lihat banyak ada banyak pembangunan hotel , apartemen, perkantoran, perniagaan, serta pusat perbelanjaan.” Tambah Direktur PSPI tersebut.

Lebih lanjut ia memaparkan, hotel dibutuhkan karena permintaan dari para pelaku bisnis serta para wisatawan yang kian menunjukan tren meningkat. Per bulan November tahun 2014 lalu, kunjungan di kota tersebut megalami lonjakan yang cukup signifikan.

Jumlah pengunjung internasional ke Pekanbaru sendiri secara tahunan meningkat hingga 5,83 persen kini menjadi 23.800 turis yang sebelumnya hanya 23,860. Begitu juga dengan Kota Medan, jumlah pelancongnya meningkat sebanyak 3,99 persen kini menjadi 205.461 pengunjung. Lonjakan pelancong yang signifikan dialami oleh Kota Batam yang naik sebesar 8,42 persen kini menjadi 1.282.203 pengunjung.

Dengan adanya lonjakan pengunjung tersebut maka akan memicu permintaan fasilitas akomodasi yang memadai. Oleh karena itu, tingkat okupansi pun juga ikut meningkat positif yang pada tahap selanjutnya para pengembang berbondong- bondong membangun infranstruktur pendukung kebutuhan di kota- kota tersebut.

Sama halnya dengan apartemen dan perumahan. Hunia akan tetap berada pada porsi utama dalam mengalokasikan rumah tangga, perusahaan yang memiliki program merumahkan bagi para karyawanya.

”pasar hunian strata serta sewa akan memperlihatkan kenaikan. Hal ini lebih didorong oleh faktur jumlah dari penduduk dan perpindahan masyarakat dari desa ke kota untuk mendapatkan pekeerjaan” imbuh Panangian.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: