Resep Masakan Pisang Goreng Madu

Resep Masakan Pisang Goreng Madu

HarianDepok.com – Resep Masakan – Salah satu menu wajib buka puasa bagi kami dan bahkan mungkin juga sebagian besar masyarkat Indonesia adalah gorengan. Ada banyak jenis gorengan yang biasanya kita siapkan untuk menu berbuka puasa, seperti Tempe Goreng, Ubi Goreng, Risoles, Bakwan, Pisang Goreng, Pisang Goreng Kipas dan yang lainnya. Tetapi karena menunya itu itu saja kadangkala kita sendiri bosan dan ingin variasi lainnya. Untuk itu, disini saya akan mengajak teman teman untuk membuat menu buka puasa dengan bahan dasar pisang yang digoreng dengan nama Pisang Goreng Madu.

Bahan – Bahan :

  1. Bahan utama yang di gunakan adalah satu tandan Pisang Raja yang sudah matang. Jenis pisang bisa diganti dengan Pisang Uli atau jenis yang lain, tetapi kelezatan rasanya pasti beda kalau menggunakan pisang raja.
  2. 300 ml Madu Asli (sesuaikan juga dengan banyak nya pisang yang akan di olah nantinya). 250 ml untuk di lumuri di atas pisang goreng yang matang dan sisanya untuk campuran bahan adonan.
  3. Tepung Terigu yang biasanya untuk gorengan atau yang mempunyai kadar protein sedang sebanyak 125 gram.
  4. Garam dapur beryodium sebanyak seperempat sendok teh.
  5. Air besih 250 ml (cek juga nanti tingat keencerannya adonannya).
  6. Tepung Beras sebanyak 1 sendok makan.
  7. Gula Putih Bubuk sebanyak 1/2 sendok makan.

Cara Membuatnya :

  1. Langkah pertama bikin adonannya dulu. Ambil satu wadah yang cukup besar. Masukkan Tepung Protein Sedang, garam dapur, tepung beras, gula halus dan 50 ml madu.
  2. Campur bahan di atas sampai rata. Masukkan sedikit demi sedikit air bersihnya sambil tetap di aduk. Masukkan sedikit demi sedikit sampai di dapat adonan yang pas (tidak terlalu encer).
  3. Kupas pisang dan belah menjadi dua bagian. Ulangi untuk semua pisang yang akan di goreng.
  4. Siapkan wajan dan panaskan dengan api sedang. Isi minyak agak banyak sehingga semua bagian pisang yang akan di goreng nantinya terendam selama proses pemasakan.
  5. Masukkan Pisang Raja yang sudah di potong ke dalam adonan. Cukup sekali celup saja. Masukkan pelan pelan ke dalam minya goreng. Hati hati terhadap cipratan minya goreng nya. Berdasarkan penglaman, waktu memasukkan pisangnya dari tepi agak didorong ke tengah.
  6. Goreng sampai matang dan berwarna coklat gelap. Angkat dan tiriskan.
  7. Lamuri lapisan luar Pisang Goreng Madu yang sudah matang dengan madu sedikit untuk memperkuat aroma madunya.
  8. Bisa ditambahkan dengan Butiran coklta/Mesis,Parutan keju atau bahan lainnya untuk variasi.

 

[Irma wulandari/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer