Resep Masakan Nugget Kentang Keju

Resep Masakan Nugget Kentang Keju

HarianDepok.com – Resep Masakan – Buat beberapa teman, resep nugget kentang mungkin terdengar agak asing ya, padahal salah satu menu sehat ini sudah cukup banyak yang menggunakannnya lho. Kalau masalah rasa dan tekstur, nugget kentang mungkin berbeda dan sedikit lembut teksturnya dibanding nugget ayam yang memang berserat. Tetapi kalau masalah rasa, kedua resep nugget tersebut sama sama enak dan pasti disukai oleh anak anak dan anggota keluarga yang lain. Selain cara membuat nugget kentang cukup mudah dan sederhana, biaya yang dibutukan untuk membeli bahan bahan nya juga cukup murah lho. Jauh lebih berhemat dan murah dibandingkan teman teman membeli nugget ayam jadi yang biasanya harganya cukup mahal.

Bahan – Bahan :

  1. Sesuai namanya, bahan yang dibutuhkan adalah kentang yang berkualitas bagus kurang lebih sebanyak 1500 gram.. Pilih kentang yang utuh dan tidak ada luka di bagian sisinya.
  2. Keju Cheddar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 80-100 gram. Bisa menggunakan yang rendah lemak atau keju yang tua. Potong potong kecil sesuai selera supaya mudah untuk dicampur dengan bahan resep nugget yang lain.
  3. Tepung terigu kurang lebih sebanyak 150 gram supaya melapisi nugget supaya tidak terlalu lembek.
  4. Wortel ukuran kecil sedang kualitas bagus 2 pcs atau ukuran besar 1.5 pcs. Kupas kulitnya lalu potong kecil kecil sesuai selera. Bagian paling tengah dibuang saja.
  5. Tepung roti atau tepung panir kualitas bagus kurang lebih sebanyak 150-170 gram untuk melapisi adonan nugget kentangnya nanti.
  6. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 3 pcs. Pecahkan telur dan kocok dahulu sebelum dicampur dengan adonan nugget kentang yang lain.
  7. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4-5 siung. Kupas kulitnya dan iris tipis tipis lalu di goreng dan kemudian dihaluskan supaya mudah tercampur dengan bahan lain.
  8. Kaldu ayam instan kualitas bagus kurang lebih sebanyak satu setengah sendok kecil atau sendok teh.
  9. Merica bubuk atau merica halus kurang lebih sebanyak 3/4 sendok kecil. Bisa dihilangkan atau dikurangi apabila teman teman mau membuat nugget hanya untuk konsumsi anak anak kecil.
  10. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium sebanyak kurang lebih satu setengah sendok kecil.
  11. Daun bawang segar kurang lebih 2 batang kecil atau satu batang yang besar. Cuci bersih lalu iris tipis tipis.
  12. Sayuran Brokoli sedikit saja. Cuci bersih dan potong potong kecil kecil.
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng bawang putih dan nugget kentangnya nanti.

Cara Membuatnya :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukus kentang sampai matang. Kupas kulitnya dahulu kemudian haluskan setelah matang atau bisa diparut sampai halus sebelum dicampur dengan bahan lain.
  2. Haluskan bawang putih yang sudah digoreng dan campur dengan garam, kaldu ayam instan dan merica bubuknya. Masukkan ke dalam kentang halusnya dan aduk aduk kembali sampai rata.
  3. Masukkan wortel, daun bawang dan brokoli yang sudah dipotong kecil kecil. Aduk aduk dan campur lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Ambil adonan secukupnya lalu beri potongan keju yang sudah dipotong kecil. Bentuk persegi panjang, oval, kotak atau bentuk lain sesuai selera.
  5. Gulirkan adonan ke dalam tepung terigu yang sudah dipersiapkan sampai semua bagian tertutup tepung dengan rata.
  6. Masukkan tepung ke dalam telur yang sudah dikocok sebelumnya lalu gulirkan lagi ke tepung panirnya sampai semua bagian tercampur dan tertutu rata. Ulangi sampai semua adonan nugget habis.
  7. Sebelum digoreng, nugget harus dimasukkan ke dalam freezer terlebih dahulu supaya beku (kurang lebih minimal selama 20-30 menit).
  8. Setelah dibekukan, resep nugget kentang bisa digoreng dengan api sedang kecil dan minyak banyak supaya semua bagian nugget terendam semua dan matang sempurna.
Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer