Resep Masakan Terong Balado

Resep Masakan Terong Balado

HarianDepok.com – Resep Masakan – Seperti Resep Masakan Indonesia lainnya, resep terong balado ini juga menggunakan beberapa bumbu bumbu khas Indonesia, seperti bawang merah lokal, buah cabai rawit dan yang lainnya. Karena masakan terong sambal balado ini menggunakan bahan baku dasar Terong, maka pemilihan terong yang akan digunakan merupakan salah satu faktor utama untuk membuat masakan yang enak dan lezat. Gunakan terong berwarna ungu karena lebih manis dan lebih enak.

Bahan -Bahan :

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 4 buah terong ungu yang masih segar. Gunakan terong ukuran sedang supaya lebih meresap bumbu baladonya.
  2. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Kupas kulit bawang sebelum di haluskan.
  3. Buah Cabai merah besar segar kurang lebih sebanyak 3-4 buah. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera. Jangan lupa cuci cabai sebelum di gunakan.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya sebelum di haluskan.
  5. Buah cabai rawit merah kurang lebih sebanyak 7-10 pcs. Bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera. Jangan lupa cuci bersih sebelum digunakan.
  6. Terasi yang sudah dibakar sebelumnya kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  7. Buah tomat merah kurang lebih sebanyak 2 pcs ukuran sedang besar. Cuci bersih sebelum di haluskan dengan bumbu lain.
  8. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  9. Air bersih matang kurang lebih sebanyak 200 ml.
  10. Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Cara Membuatnya : 

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci terong yang akan digunakan sampai bersih.
  2. Potong terong sesuai ukurang yang diinginkan (jangan terlalu tebal) lalu rendam sebentar di dalam air bersih lalu tiriskan.
  3. Bakar sebentar terong yang sudah dipotong di atas wajan teflon atau wajan biasa sampai agak kecoklatan supaya rasa asli terong lebih keluar dan rasanya lebih manis.
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, tomat dan terasi bakar sampai halus. Bisa di uleg pakai tangan atau memakai blender supya lebih cepat.
  5. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.
  6. Masukkan bumbu bumbu balado terong di atas yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk dan bolak balik sebentar sampai tercium bau harum.
  7. Masukkan air yang sudah diperisapkan sebelumnya. Aduk aduk sebentar.
  8. Masukkan gula pasir putih dan garam dapur beryodium yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
  9. Masukkan terong ungu yang sudah dibakar sebelumnya ke dalam wajan. Aduk aduk lagi supaya semua bumbu tercampur dengan terongnya.
  10. Aduk aduk lagi sampai resep terong balado matang dan bumbunya meresap ke dalamnya. Angkat lalu sajikan di piring sajian.

 

[Irma wulandari/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer