Resep Masakan Martabak Telur

Resep Masakan Martabak Telur

HarianDepok.com – Resep Masakan – Seperti resep martabak yang lain, kunci dari membuat resep martabak telur yang enak dan lezat terletak pada cara pengolahan dan bahan bahan yang digunakan. Tidak seperti martabak manis yang hanya membutuhkan adonan kulit martabak, selain membutuhkan kulit martabak yang berkualitas bagus, cara membuat martabak telur spesial  enak juga memerlukan adonan isi martabak yang pas. Pada umumnya, penjual martabak yang umumnya kita jumpai menggunakan daging cincang dan berbagai bumbu lain untuk bahan isiannya. Selain itu, biasanya mereka menggunakan telur bebek untuk mencampur isian ke kulit matabaknya, tetapi kalau teman teman mau, telur bebek bisa diganti dnegan telur ayam, cuma butuh telur yang lebih banyak mengingat ukurannya yang beda.

Bahan – Bahan : 

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram saja (bahan kulit martabak).
  2. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak seperempat sampai setengah sendok kecil atau sendok teh.
  3. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 140 ml.
  4. Telur ayam 1 butir untuk membuat kulit martabaknya.
  5. Minyak secukupnya untuk menggoreng martabaknya nanti dan 50 gram minyak untuk campuran bahan adonan kulitnya.
  6. Daging sapi cincang kecil kecil atau bisa juga menggunakan daging giling kurang lebih sebanyak 200-250 gram saja.
  7. Daun bawang segar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3-5 batang ukuran sedang besar. Cuci bersih sebelum digunakan dan iris halus halus untuk isi martabaknya.
  8. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya lalu cincang bawang putihnya sampai benar benar halus untuk bahan isi martabak.
  9. Bawang bombay ukuran sedang besar kualitas bagus sebanyak 1 buah pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris halus untuk isi martabak.
  10. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya lalu iris iris halus/rajang untuk bahan isian martabaknya nanti.
  11. Lada bubuk atau halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  12. Garam dapur beryodium dan bumbu penyedap rasa secukupnya.
  13. Telur bebek atau telur ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 pcs untuk membuat adonan diatas (1-2 butir per porsi).

Cara Membuatnya : 

  1. Langkah pertama adalah membuat kulit martabaknya.
  2. Ambil satu wadah ukuran sedang besar. Masukkan tepung terigu protein sedang yang sudah dipersiapkan dan garam dapur beryodium. Aduk aduk sampai kedua bahan tercampur rata.
  3. Pecahkan satu butir telur dan masukkan ke adonan tepung diatas. Aduk aduk sampai tercampur rata.
  4. Masukkan air bersihnya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk menggunakan tangan/diuleni sampai adonan menjadi kalis. Tambahkan air bila diperlukan.
  5. Bagi adonan menjadi 2 bagian lalu bentuk menjadi bulatan. Olesi bagian luar adonan dengan minyak lalu diamkan sebentar atau kurang lebih selama 10-13 menit.
  6. Lapis bagian luar adonan kulit martabak dengan minyak lagi lalu taruh di baskom dan tutup dengan kain selama kurang lebih satu jam.
  7. Langkah kedua adalah membuat isi martabaknya.
  8. Siapkan penggorengan dan beri minyak sedikit saja.
  9. Masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay yang sudah di rajang halus. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  10. Masukkan daging cincang atau daging giling yang sudah dipersiapkan ke dalamnya. Aduk aduk semua bahan supaya tercampur rata sampai daging agak matang.
  11. Masukkan daun bawang dan lada halus. Aduk aduk dan tumis lagi semua bahan sampai daging cincang matang.
  12. Langkah terakhir adalah membuat martabak telurnya.
  13. Ambil satu adonan kulit dan pipihkan dengan cara menekan dengan telapak tangan agak memutar sampai adonan melebar.
  14. Pegang kedua ujung adonan kulit lalu putar dari kiri kekanan sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang sampai didapat lebar yang diinginkan dan adonan kulit martabak menjadi tipis.
  15. Ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian. Masukkan ke dalam kocokan telur dan tambahkan garam dapur, bumbu penyedap rasa apabila suka, aduk aduk sampai rata.
  16. Tuang isian martabak ke atas kulit martabaknya.
  17. Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya sampai tertutup rata. Goreng martabak dan bolak balik sampai matang dan berwarna kecoklatan.

 

[Irma wulandari/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer