Dibangun 16 Mall baru Di Kawasan Bodetabek

Dibangun 16 Mall baru Di Kawasan Bodetabek

HarianDepok.com – Properti , Kebijakan moratorium yang diberlakukan di Jakarta dalam beberapa tahun terakhir ini kelihatanya mulai berdampak yang cukup signifikan kepada pertumbuhan pusat perbelanjaan di kawasan pinggiran Bodetabek (Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi).

Sesuai data yang dirilis hasil riset Colliers International Indonesia, sampai tahun 2018 nanti, jumlah pusat perbelanjaan yang ada diwilayah Bodetabek berjumlah 16 atau sekitar 622.00 meter persegi. 7 diantaranya akan berpusat di Bekasi yaitu Bekasi Trade Center 2, AEON Delta Mas, Kota Harapan Indah Mall, Living World Jababeka, Grand Dhika City Mall, Plaza Indonesia Jababeka, dan Hollywood Central.

Sedangkan untuk pusat perbelanjaan yang lainya tersebar di kawasan Bogor yang ada 5 mal yaitu, AEON Mall Sentul, Metropolitan Mall Cileungsi, AEON Mall Bogor, Vivo Sentul Ttrademall, dan Vivo Sentul Lifestyle. Dan di Tanggerang senderi terdapat 3 mall yakni, Lippo Grand Mall, AEON Mall BSD City, dan Embarcadero Mall Bintaro. Sementara itu untuk di kawasan Depok akan dibangun pusat perbelanjaan Sawangan Mall.

Secara keseluruhan, total dari tambahan pusat perbelanjaan dalam tiga tahun kedepan akan mencapai 2.892.000 meter persegi. Semakin bertambahnya bangunan mall baru ini diperkirakan akan menggerus tingkat hunian yang pada tahun lalu mencapai rata- rata 82 persen.

Meskipun demikian, tingkat dari kekosongan tidak akan terlalu besar. karena keperluan terus meningkat seiring dengan perluasan kawasan oleh para pelaku ritail. Dengan bertambahnya pusat perbelanjaan ini juga tidak membuat harga sewa dasar menjadi turun. Bahkan terjadi yang sebaliknya, harga sewa justru melejit naik sebanyak 11,2 persen per tahun yang kini rata- ratanya menjadi Rp 308,259/ meter persegi pada setiap bulanya.

Kondisi ini pula yang mengakibatkan Damai Putra Group tertarik untuk menyegarkan pengembangan pusat perbelanjaan pada kawasan perumahan Kota Harapan Indah.

Benny Gunawan selaku CEO Damai Putra Group, Jumat (16/1/2015) menjelaskan bahwa Kota Harapan Indah Mall kini sudah memasuki tahap pembangunan tiang panang. Pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu dari beberapa rencana besar Damai Putra Group untuk membangun fasilitas yang ada di Kota Harapan Indah.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: