Semakin Padat, Hingga Tahun 2016 Jakarta Akan Mendapat Tambah 11.224 Kamar Hotel

Semakin Padat, Hingga Tahun 2016 Jakarta Akan Mendapat Tambah 11.224 Kamar Hotel

HarianDepok.com – Properti , Sampai tahun 2016 nanti, Ibu Kota DKI Jakarta akan mendapat tambahan koleksi kamar baru. Tidak main- main, jumlah keseluruhannya mampu mencapai 11.224 kamar dari 50 hotel yang kini  dalam proses tahap konstruksi.

Hasil riset dari penyedia data hotel global HVS memaparkan, dari pasokan hotel baru tersebut, 26 hotel dengan jumlah kamarnya hingga 5.774 tersebut merupakan hotel dengan skala kelas ekonomi. Hal tersebut menunjukan bahwa setiap hotel masing- masing memiliki kamar rata- rata 206 ruang.

Sedangkan untuk  hotel dengan skala menengah, atas, hingga super mewah ada sebanyak 22 hotel dengan jumlah kamar 5.450 kamar. Ini berarti setiap hotelnya rata- rata memiliki kamar sebanyak 248.

Bisnis perhotelan yang ada di Jakarta menurut data yang di rilis oleh HVS menunjukan mengalami pertumbuhan yang pesat mulai tahun 2010 silam. Pertumbuhan tidak hanya terjadi di dalam segmen permintaan yang distimulus  dengan maraknya kegiatan bisnis  MICE yakni meeting, incentives, convention, dan exhibition. Serta tarif rerata harian juga turut mempengaruhinya.

Selama tahun 2014 pertumbuhan pasokannya sendiri mencapai 8 persen, sementara pada tahun 2016 mencapai 15 persen dan tahun 2016 mencapai 7 persen. Pengembangan hotel akan mengalami puncaknya pada tahun 2015 dengan rencana jadwal pembukaanya pada tahun 2017 dan 2018.

Bagi hotel dengan segmentasi atas, pengembangan terbesar ada di kawasan Pondok Indah yang ada di Jakarta Selatan. Di sini, terdapat PT Metropolitan Kentjana Tbk yang sedang merampungkan Inter Continental Jakarta Pondok Indah yang memiliki jumlah kamar hingga 470 unit.

Sedangkan pada segmentasi hotel atas, mewah serta supermewah berasal dari jaringan hotel international seperti Raffles Hotel, Westin, Sheraton, dan masih banyak lainya. Sementara di segmentasi menengah dan ekonomi di dominasi oleh Tsuzia Hotel, Mercure, Hotel Group Holiday Inn Expres dan masih banyak lainya.

Untuk konsumenya, pelancong asal Malaysia yang masih mendominasi dengan perbandingan 15 persen, Tiongkok 10 persen, Singapura 10 persen, dan Jepang juga 10 persen.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: