BNI Menargetkan Dana Pengelolaan Migas Mampu Tumbuh 43 Persen

BNI Menargetkan Dana Pengelolaan Migas Mampu Tumbuh 43 Persen

HarianDepok.com – Bisnis , PT Bank Negara Indonesia (BNI) tengah menargetkan dana pengelolaan layanan trustee dari industri migas mampu menembus angka US$ 5 miliar atau setara dengan Rp 62 triliun di tahun ini. Angka itu naik sekitar 42,9 persen jika dibandingkan dengan dana penlgelolaan di tahun 2014 kemarin hanya sekitar US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp 43,7 triliun.

Gatot M. Suwondo selaku Direktur Utama BNI menjelaskan, tidak mudah untuk mencaopai targete tersebut. Karena, selama ini perusahaan migas dari luar negeri lebih mengedepankan bank asing untuk mengelola dananya. Hal tersebut dikarenakan peraturan mengenai kewajiban penitipan serta pengelolaan dana devisa dinilai belum ada kejelasan.

Oleh karena itu, sulit untuk bank nasional guna menyakinkan perusahaan yang ada di sektor energi untuk menggunakan jasa mereka. lebih lanjut Gatot pun menjelaskan bahwa para pelaku yang bermain di perusahaan migas ingin jelas peraturan perundang- undangnya. Jangan sampai terjadi Peraturan Bank Indonesia bilang A , namun otorotas yang lainya bilang B.

Inilah yang membuat Gatot dan pihaknya menggunakan kantor cabang yang ada di Singapura dan di Jakarta untuk menjalankan kerja sama dengan VICO. Di dalam kerjasama yang dilakukan tersebut, BNI di pilih sebagai trustee paying agent guna mengelola penjualan ekspor gas yang ada di blok sanga- sanga (Kalimantan Timur) dengan total nilai transaksi mencapai US$ 300 juta.

Dana tersebut diperoleh dari penjualan ekses enam kargo gas alam cair yang dikelolala oleh VICO Indonesia. Kerjasama trustee yang di lakukan BNI dengan perusahaan migas merupakan sudah yang kedua kalinya bagi bank berplat merah ini.

Sebelumnya BNI telah mengelola dana dari Blok Mahakam dengan nilai transaksi mencapai US$ 500 juta pada 2013. Kala itu bank BUMN tersebut menjadi bank nasional pertama yang mengelola trustee.

Selain VICO menurut Gatot ada perusahaan migas asing lagi yang menawarka kerjasama guna melakukan trustee. Selain itu, BNI senderi juga menargetkan kerjasama yang serupa dengan 6 samapai 7 kontrak migas domestik.

Tags:
author

Author: