Situ Rawa Besar Depok Tidak Terurus

Situ Rawa Besar Depok Tidak Terurus

HarianDepok.com – Berita – Pancoranmas, Kurangnya perhatian dan kepedulian terhadap keberadaan Situ di Depok oleh sebagian warga, membuat potensi wisata Kota Depok menjadi kurang maksimal. Salah satunya Situ Rawa Besar yang terletak di tengah Depok. Meski berada di pusat kota, Situ Rawa Besar  yang terletak di kelurahan Kembang Lio, Pancoranmas Depok tampak tidak terurus.

Jika ada orang baru yang ingin mengunjungi Situ Rawa Besar akan cukup kesulitan menemukan jalan ke Situ. Pasalnya, posisi Situ berada di tengah pemukiman warga. Selain itu, akses jalan yang tak banyak diketahui orang inilah yang kerap membuat warga Depok tak berkunjung ke Situ Rawa Besar.

Kondisi Situ Rawa Besar sangat memprihatinkan, saat kita akan memasuki Situ, akses jalan tidak terurus, lalu terdapat satu gang sempit yang hanya bisa dilalui satu motor. Setelah sekitar 3menit menyusuri gang sempit atau sekitar 50 meter dari gang, ada plang berkarat bertulisakan Situ Rawa Besar yang kondisinya juga sudah berkarat.

Tumpukan sampah akan menjadi pemandangan yang pertama kali Anda lihat di sudut-sudut Situ. Pinggiran Situ pun sudah tampak terkikis, dan tidak ada turap, hanya ada tumpukan karung yang berisi pasir dan batu bata yang disusun manual oleh warga untuk menghindari abrasi dan luapan air.

Rahim, Warga RT 05/RW 03 yang tinggal di pesisir Situ mengatakan, Situ Tawa Besar hampir ditak pernah disentuh oleh pemerintah Kota Depok. Pada 2003 silam, Pemerintah Kota Depok sempat berjanji akan meremajakan Situ Rawa Besar, namun hingga saat ini belum ada realisasi janji tersebut.

Rahim yang sudah belasan tahun tinggal di Kembang Limo juga menambahkan, mulanya Situ Rawa Besar memiliki luas 35 hektar. Namun semakin hari, terjadi banyak endapan dan akhirnya menusut hingga saat ini luas Situ hanya 13 hektar saja.

Rahim juga mengatakan tumpukan sampah yang ada di sudut-sudut Situ merupakan tumpukan sampah dari warga yang berada di dekat Situ.

“Dulu rencana akan dibuat bagus, pemkot juga pernah janji akan angkut sampah yang ada di Situ, tapi belum jelas kapan pemkot akan melaksanakan janjinya. Dan itu (pemeliharaan pinggiran situ) rata rata kita manual, pakai karung isi pasir” tutur Rahim.

Foto : Panoramio.com

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)