Para Pengusaha Inggris dan Eropa Semakin Percaya Dengan Pemerintahan Jokowi

Para Pengusaha Inggris dan Eropa Semakin Percaya Dengan Pemerintahan Jokowi

HarianDepok.com – Bisnis , Kepercayaan pelaku bisnis dari luar negeri khususnya dari Inggris dan Eropa semakin percaya kepada pemerintahan Jokowi (Joko Widodo). Tingkat kepercayaan tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal tersebut diutarakan oleh Chairman BritCham Adrian Short yang memaparkan hasil survai dari British Chamber of Commersce Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BritCham yang bertajuk Business Confidence Index (BCI).

BCI menjelaskan pandangan dari beberapa perusahaan- perusahan anggota yang ada dari Kamar Dagang yang ikut berpartisipasi terkait bisnis yang ada di Tanah Air.

Adrian Short menjelaskan, hasil survai tersebut menunjukan adanya peningkatan dari proyeksi tahun lalu. Hal tersebut ada kaitanya erat dengan kepemimpinan yang baru yang terjadi di Indonesia yang memiliki potensi adanya reformasi ekonomi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kondisi ini seiring dengan keyakinan dari para responden dalam menggulirkan bisnisnya yang ada di Indonesia dengan prosentase 71 persen, serta kemudahan menjalankan bisnis pada tahun lalu juga juga mampu meningkatkan sebanyak 62 persen. Inilah yang menjadi indikator yang kuat oleh Short bahwa terdapat sentimen yang kuat pemerintahan terbaru Jokowi kepada para pelaku bisnis.

Dari data yang diperoleh, secara menyeluruh pandangan bisnis yang ada di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan apabila dibandingkan dengan tahun lalu yakni dari 66 persen naik menjadi 72 persen dengan diikuti pendapatan serta laba yang diperkirakan juga akan ikut melonjak.

Peningkatan yang kuat ini sedikit banyak juga dirasakan terutama untuk kondisi politik dan investasi. Tingkat kepercayaan para pelaku bisnis terhadap kondisi iklim politik terus mengalami peningkatan yang signifikan dari 42 persen menjadi 47 persen atau sekitar 5 persen.

Survai penelitian ini melibatkan menejemen senior serta CEO lebih dari 206 afilliasi bisnis Eropa dan Inggris yang ada di Indonesia dan diambil dari 12 sektor bisnis. Ke 12 sektor tersebut diantaranya adalah sektor binis perikanan dan perhutanan, energi dan sumber  daya alam, agrikultur, travel dan tourism, hospital, retail dan masih banyak lainya.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: