Akibat Hujan Dengan Intensitas Tinggi , Kawasan Pandeglang Kini Terendam Banjir

Akibat Hujan Dengan Intensitas Tinggi , Kawasan Pandeglang Kini Terendam Banjir

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Beberapa hari ini padeglang tepatnya di kota banten diguyur hujan secara terus menerus. Dengan intensitas hujan yang sangat tinggi. Hal ini mengakibatkan beberapa kawasan terjadi banjir yang merendam banyak rumah. Informasi yang diterima sampai hari ini bahwa ada sebanyak 12 desa yang ada di kecamatan panimbang , di wilayah pandeglang sedang kebanjiran yang dikarenakan sungai cilember kali ini meluap. Banyak sekali rumah- rumah yang ternedam air. Data yang didapatkan, ada 13.054 rumah yang tercatat telah terendam air karena luapan suangai cilember. Sementara itu ada 21.358 jiwa yang kali ini menjadi korban dari banjir yang terjadi. Sehingga pendataan pengungsian terus saja dilakukan.

Sutopo purwo nugroho yang berkedudukan sebagai kepala pusat data informasi serta Humas BNPB juga menyatakan bahwa pendataan  akan terus dilakukan dan memberikan tempat pengungsian yang layar bagi mereka yang menjadi korban banjir. Saat ini pun BNPB juga telah mendirikan telah mendirikan sebuah posko darurat serta telah memberikan bantuan logistik untuk mereka yang menjadi korban banjir. Memang tidak heran jika banjir ini terjadi dan merendam banyak wilayah, karena ditahun- tahun sebelumnya, kawasan ini selalu berlangganan banjir. Faktor banjir yang menyebabkannya dalah adanya faktor alam selain itu topografi yang ada di wilayah ini cekung. Selain itu kawasana ini sekarang menjadi wilayah yang berkembang menjadi kawasan pertanian dan juga pemukiman, oleh karena hal ini akan menyebabkan rentan akan banjir.

sutopo juga menerangkan bahwasannya, banjir ini juga diakibatkan adanya degradasi sungai dan juga lahan sehingga tidak heran jika terjadi banjir tiap tahunnya. Korban banjir untuk wilayah pandeglang memang sangatlah banyak sekali BNPB mencatat desa- desa yang terkena banjir diantaranya desa mekar jaya, desa panimbang jaya, kampung leuwimuja, kamupung leugede, desa rancaseneng, kampung cikocang, daan desa umbulan. Daerah- daerah tersebut merupakan daerah yang sampai kali ini tercatat terkena banjir yang dilakukan oleh pendataan BNPB.

foto : Ilustrasi (merdeka.com)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)