Di London, Gedung Pencakar Langit Mendapat Penentangan

Di London, Gedung Pencakar Langit Mendapat Penentangan

HarianDepok.com – Properti , Perlawanan terhadap pembangunan gedung tinggi kini tengah di suarakan secara besar- besaran di London oleh para arsitektur setempat. Salah satu dari sejumlah penentangnya adalah kantor arsitek yang dikelola oleh Quinlan dan Francis Terry.

Mereka para arsitektur menolak keras terhadap pembangunan gedung pencakar langit yang sampai saat ini telah mengubah wajah ibu kota dari Inggris tersebut. Untuk waktu dekat ini saja setidaknya terdapat 250 proyek pembangunan gedung pencakar langit yang akan direalisasikan.

Quinlan berpendapat, untuk beberapa tahun ini Kota London telah berubah karena pembangunan tersebut. Sebut saja hal itu di tandai dengan hadirnya konstruksi baru seperti The Shard yang diarsitekturi oleh Rrenzo Piano serta proyek gedung kontroversial seperti gedung Walkie Talkie yang dibangun oleh Rafael Vinoly.

Sebagai ganti dari penolakan yang dilakukan terhadap 250 gedung pencakar langit, kantor arsitektur Quinlan menawarkan propoasal proyek di diatas bekas situs Hyde Park dalam bentuk gaya kota blok paris yang didesain oleh George Eugene Haussman di abad 19. Proyek tersebut mempunyai atap berfasad batu dengan konsentrasi pada pengembangan yang memiliki skala yang lebih kecil.

Selain rumah arsitektur yang dikelola oleh keluarga Quinlan, para profesional arsitek lainya juga turut andil menyuarakan terhadap proyek gedung pencakar langit adalah Paul Murrain. Dia adalah seorang arsitektur yang urbanis dan sampai saat ini menjadi penasehat bagi pengeran Charles serta Nicholas, anak laki- laki dari Smith, yang merupakan mantan penasehat dari kanselir, George Osborne.

Ia pun lalu membentuk sebuah kumpulan kecil yang ia beri nama ‘Create Streets’. Mereka memiliki rencana untuk membangun dan mengembangkan 18.000 rumah baru yang ada dikawasan sekitar pembangkit listrik yang ada di Battersia. Termasuk juga sekama yang disusun oleh Gehry dan Foster. Hal tersebut mereka upayakan sebgai contoh hunian masa depan.

Ia pun juga menambahkan, selama ini gedung- gedung pencakar langit tidak memberikan bangunan yang berguna selama lebih dari 25 tahun. Inggris terancam kembali kepada era 1960-an dengan dampak buruk yang dihasilkan dari rencana pembangunan. Rencana Paul Murrain pun ditanggapi positif oleh masyarakat setempat.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: