Meningkatnya Turis Asing Memicu Melonjaknya Hotel di Jakarta

Meningkatnya Turis Asing Memicu Melonjaknya Hotel di Jakarta

HarianDepok.com – Properti – kunjungan turis mancanegara ke DKI Jakarta setiap tahunnya meningkat. Kondisi ini yang menyebabkan pengaruh terhadap pertumbuhan hotel yang ada di kawasan tersebut. Pada tahun 2014 saja ada sebanyak 29.000 kamar hotel. Dan pada tahun 2018 diperkirakan akan ada pasokan kamar hotel sekitar 36.000 kamar.

Purba Hutapa yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta sangat optimis bahwa jumlah wisatawan, terlebih untuk wisatawan mancanegara akan melonjak pda tahun 2015 ini.

Lebih lanjut ia menjelakan, guna mencapai target ia meminta kerja sama dengan beberapa pihak terkait seperti Kementrian Pariwisata sete Kementerian Liuar Negeri. Menurutnya perihal ini sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Presiden Jokowi.

Selain menggandeng pihak-pihak yang terkait, Hutapa juga telah mengagendakan beberapa program promosi yang berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelunya. Pada promosi pariwisata yang dilakukan oleh pemprov Jakarta sebelumnya adalah dengan mengrimkan delegasi ke luar negeri, Hutapa pada tahun ini justru akan mengurangi delegasi tersebut.

Sekarang ia akan memanfaatkan media sosial serta IT. Selain mengrimkan delegasi, ia akan memasang iklan di Google. Cara yang seperti ini sangat ia yakini akan memberikan dampak yang besar jika dibandingkan dengan cara mengirimkan delegasi ke luar negeri, meskipun pengiriman delegasi ke luar negeri tetap dibutuhkan.

Dengan meningkatnya pengunjung wisata asing juga menjadi daya stimulus tersendiri bagi perkembangan properti perhotelan. Oleh karena itu, Jakarta pun kini menjadi incaran perluasan wilayah para pengembang hotel terkemuka di dunia. tercatat, ada 9 hotel supermewah yang akan didirikan di Jakarta hingga rentan waktu 2018 nanti.

Kesembilan hotel tersebut adalah Westin Hotel, Regis Hotel and Residences, Sofitel So, W hotels, Waldorft Astoria Hotels and Residences, Rosewood Hotel an Residances, dan langham Hotel and Residances.

Bertambahnya hotel-hotel mewah tersebut juga tak lepas dari pertumbuhan positif pada ARR (Average room rate) serta RevPAR (Revenue per Aviliabe Room) dalam mata uang asing/ dolar Amerika Serikat.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: