Akibat Pohon Tumbang, Lima Buruh Tewas Tertimpa Batang Pohon

Akibat Pohon Tumbang, Lima Buruh Tewas Tertimpa Batang Pohon

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sebatang pohon Damar (Agathis Alba) di kawasan wisata konservasi tumbuhan Kebun Raya Bogor (KRB) tumbang dan menimpa puluhan orang yang sedang duduk-duduk di bawah pohon (10/1/2015).

Batang pohon yang diperkirakan telah berusia di atas 50 tahun itu tumbang dari bagian tengah dan jatuh menimpa puluhan buruh PT Asalta Mandiri Agung, Nangewer, Kabupaten Bogor sedang mengikuti gathering perusahaan. Empat nyawa tak tertolong, beberapa orang kritis, dan puluhan lainnya luka-luka.

Musibah ini terjadi di area pohon damar di Jalan Astrid, sekitar 500 meter dari pintu III Kebun Raya. Diketahui satu orang meninggal dunia di lokasi kejadian, sedangkan tiga lainnya meninggal di rumah sakit. Korban tewas tercatat atas nama Sarijo (39), Surjana (42), Supriyono (32), dan Saefulloh (43) kemarin sore (11/1/2015).

Ada 31 orang lainnya yang mengalami luka-luka, beberapa di antaranya masih dinyatakan kritis dan dirawat di Rumah Sakit PMI Bogor. Satu korban yang menderita luka serius, bernama Rizki (25 tahun) akhirnya mengembuskan napas terakhir dalam perawatan tim medis di Ruang Instalasi Gawat Darurat karena luka dalam yang cukup parah. Rizki meninggal sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu malam (11/1/2015).

Dengan meninggalnya Rizki, korban akibat pohon tumbang Kebun Raya Bogor menjadi lima orang. Sementara itu masih ada delapan korban luka yang masih kritis dalam perawatan medis IGD RS PMI Kota Bogor.

Salah seorang saksi menyatakan, kejadian begitu cepat. Meskipun sebelumnya sempat terdengar seperti pohon retak, tetapi teman-teman tidak sempat menghindar.

“Saya sempat bilang awas, tetapi teman-teman tidak sempat menghindar,” ujar Pengurus Ikatan Serikat Buruh Indonesia (ISBI) PT Asalta Mandiri Agung, Ujang Masikun.

Salah seorang korban yang mendapat luka ringan, Yudi juga mengungkapkan hal senada.

“Sebelum pohon tumbang, kami berkumpul di bawah pohon itu untuk membahas soal UMK (upah minimum kabupaten/kota) dan sosialisasi. Pas ngumpul, tiba-tiba pohon langsung tumbang,” jelas Yudi, di Rumah Sakit PMI Kota Bogor.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pemeliharaan Koleksi Tanaman Kebun Raya Bogor, Izuandri, mengungkapkan, pohon Agathis Alga itu memiliki tinggi sekitar 7 meter dan sudah berusia setengah abad lebih.

“Setelah diperiksa, pohon yang menimpa pengunjung ini bagian tengahnya keropos dan banyak rayapnya. Meskipun dari luar terlihat seperti sehat-sehat saja,” jelas Izuandri kepada wartawan di lokasi yang kini telah diberi garis batas polisi.

Ia menambahkan pihak Kebun Raya Bogor turut berbelasungkawa atas musibah ini dan pihaknya akan lebih mengawasi kondisi pohon-pohon yang sudah tua. Dan atas kejadian tersebut pihak Kebun Raya Bogor pun bertanggung jawab atas seluruh biaya perawatan dan kompensasi kepada seluruh korban.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)