Presiden Jokowi Jatuhkan Pilihan Budi Gunawan Sebagai Kapolri Baru

Presiden Jokowi Jatuhkan Pilihan Budi Gunawan Sebagai Kapolri Baru

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Telah berdarnya surat yang menyatakan bahwa presiden joko widodo telah menunjuk Budi Gunawan jendral komjen pol sebagai calon kapolri (kepala kepolisian republik indonesia ). Hal ini berdasarkan pada pengiriman surat yang diperuntukkan kepada DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) yang mana presiden mengajukan Budi Gunawan sebagai calon tunggal dari kapolri. Surat yang dikirim ini bernomor R-01.Pres/01/2015 dengan tertanggal 09 januari 2015. Budi gunawan ini akan menggantikan sutarman jendral pol yang di bulan oktober 2015 ini akan memasuki masa pensiun. Akan tetapi sampai pada saat ini masih belum adanya konfirmasi dari DPR ataupun dari pihak istana mengenai dokumen ini.

Dalam surat yang dituliskan joko widodo ini menyatakan bahwa meminta persetujuan kepada DPR untuk melakukan pengangkatan budi gunawan yang saat ini menjabat sebagai komisaris jenderal menjadi Kapolri baru yang menggantikan jenderal pol sutarman yang telah menjabat selama 1 tahun 3 bulan. Beliau juga menyatakan bahwa budi gunawan ini dirasa mampu dan juga cakap serta juga telah memenuhi syarat untuk menjadi kapolri. Beliau juga menyebutkan bahwa permintaan persetujuan yang dilakukan ini untuk memenuhi dari ketentuan yang terdapat pada pasal 11 ayat 1 UU Nomor 2 tahun 2002 yang mengenai kapolri.

Di dalam surat yang tertulis tersebut juga dinyatakan bahwa meminta dan juga berharap dengan sangat agar DPR memberikan persetujuan yang mana untuk segera disetujui tanpa membutuhkan waktu yang lama. Isi surat tersebut merupakan pengajuan budi gunawan secara tunggal sebagai calon kapolri untuk kedepan. Penunjukan yang secara  langsung ini masih belum diberikan keputusan yang pasti untuk pengganti dari sutarman. Keinginan jokowi ini tentunya dilandasi dengan berbagai pertimbangan, terlebih sebelumnya jokowi meminta penjelasan secara jelas mengenai calon- calon dari kapolri untuk dipilihnya. Karena sepertinya Jokowi ini tidak mau salah dalam memilih demi kemajuan masa depan bangsa indonesia. Sehingga dilakukanlah berbagai penilaian kinerja.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)