Usulkan PLTN, Sebagai Solusi Krisis Listrik Oleh Djarot Suslistio Wisnubroto

Usulkan PLTN, Sebagai Solusi Krisis Listrik Oleh Djarot Suslistio Wisnubroto

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Untuk mengatasi permasalahan adanya krisis listrik yang akan terjadi di tahun mendatang, djarot sulistio wisnubroto sebagai Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional memberikan usulan kepada pemerintah agar energi nuklir segera untuk dikembangkan. Dalam kajiannya manyatakan bahwa persoalan krisis listrik ini akan dapat ditanggulangi dengan membangun oembangkit listrik dengan menggunakan tenaga nuklir. Yang akan menawarkan harga yang lebih murah serta stabil. Dalam pernyataannya djarot merujuk pada salah satu wilayah yang merupakan lokasi ideal PLTN ke daerah bangka belitung, selain daripada wilayah pulau jawa. Sementara itu dia menyatakan pula nahwa hasil dari jajak penadapat di bulan november tahun kemaren dinyatakan bahwa 57 persen rakyat bangka belitung mendukungnya, dan ditambah lagi rakyat indonesia 72 persen juga menyetujuinya.

Djarot merupakan ahli dari rekayasa nuklir merupakan lulusan dari Universitas Tokyo, 1993 juga menyebutkan bahwa sekarang ini teknolodi dari PLTN telah mamasuki pada generasi ketiga yang akan jauh lebih aman. Sementara itu dalam teknologi terbaru, nuklir akan secara otomatis akan berhenti bila terjadi tsunami ataupun gempa bumi. Teknologi ini, tidak banyak yang memilikinya bahkan PLTN yang terletak di fukushima sekalipun, yang mengalami bocor di tahun 2011 yang lalu. Namun yang perlu untuk kita perhatikan sekarang adalah seberapa kuat SDM dapat mengelolanya dengan baik, dan juga seberapa besar uranium yang kita punyai saat ini.

Dan bagaimana kesiapannya dalam penggunaan tenaga nuklir sebagai solusi krisi listrik? Djarot menyatakan bahwa persiapan dari listrik tenaga nuklir ini terhitung cukup lama, 30 tahun lebih. Namun sampai pada saat ini kesiapan masyarakatlah yang menjadi tantangan hingga saat ini. Karena tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa nuklir ini sangatlah menakutkan, sebagaimana yang telah terjadi di fukusima, bom atom dan juga kejadian di chenobyl. Di tahun 2011 yang lalu telah dilakukan jajk pendapat, dengan 40 persen menyatakan mendukung PLTN, hal ini disebabkan karena adanya pascakecelakaan yang  terjadi di fukusima, namun dinovember 2014 yang lalu secara nasional telah dinyatakan 72 persen mendukung PLTN. Dan ini merupakan modal yang bagus bagi pemerintah dalam mengelola PLTN.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)