Pemerintah Mengisyaratkan BBM Akan Turun Lagi Bulan Depan

Pemerintah Mengisyaratkan BBM Akan Turun Lagi Bulan Depan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sejalan dengan trend penurunan harga minyak mentah dunia pemerintah memberikan sinyal akan menurunkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium.  Haryanto Wagimen selaku pelakasna tugas Direktur Jendral minyak dan gas bumi dari kementrian ESDM memaparkan, turunya BBM subsidi/ premium dengan RON 88 bahkan bisa menjadi Rp 7000/ liter.

Kendati demikian pemerintah masih tetap memantau perkembangan dari harga minyak mentah dunia serta nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sepanjang bulan Januari ini. Ia menilai, rata-rata dari nilai keduanya inilah yang menjadi faktor utama yang menentukan harga jual yang diapatok oleh pemerintah.

Sementara itu Sudirman Said selaku Meneteri ESDM (Enenrgi dan Sumber Daya Mineral) pada kesempatan yang berbeda mengatakan, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi pada bulan Januari Rp 7.400/ liter. Harga tersebut di akui oleh Menteri ESDM tersebut sudah termasuk kedalam margin usaha yang diperoleh Pertamina sebagai perusahaan resmu penyalur bensin dengan kadar RON 88.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pemerrintah memutuskan mencabut subsisi terhadap BBM premium yang dimulai pada awal tahun ini. Meski dilepas dan disesuaikan dengan harga paasar pemerintah teatap menjadi pemegang kendali penuh dalam menentukan berapa BBM Premium akan dijual.

Pnentuan dari harga dasar BBM premium baik di tingkat dasar dan eceran tersebut dilakukan oleh Menteri ESDM pada setiap bulanya. Adapun harga dasar didapat dari biaya perolehan, distribusi, penyimpanan, dan marginya.

Untuk menghitung harga dasar pemerintah menggunakan patokan rata-rata dari harga minyak dunia serta nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). Keduanya diambil pada periode mulai tanggal 24 hingga 25 bulan yang jatuh sebelumnya.

Untuk saat ini, kebijakan tersebut sekemanya masih bersifat transisi. Oleh karena itu harga BBM deongan RON 88 dibanderol dengan harga Rp 7.600/ liter untuk seluruh wilayah Indonesia. Kedepanya, harga BBM dengan RON 88 akan berbeda antara wilayah satu dengan yang lainya tergantung kepada tinkat kesulitan dalam mendistribusikanya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: