PAD Depok Targetkan 267 Juta Dari TPU

Target PAD Depok 267 Juta Dari TPU

HarianDepok.com – Berita, Saat ini Pemerintah Kota Depok mengkomersilkan empat lahan miliknya yang saat ini difungsikan sebagai Tempat Pemakaman Umum dengan alasan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dari hasil tersebut Pemerintah Kota (Depok) yang menargetkan hasil pencapaian dari TPU yang ada di empat kecamatan yang telah dikomersilkan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sebesar Rp227.000.000, sampai saat ini sudah melebihi dari perkiraan yang tembus di angka Rp237.782.000.

Seperti yang dilansir oleh Indopos. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, Zambrowi mengatakan, penambahan PAD sebesar 104, 68 persen pada 2014 ini disumbangkan dari hasil sewa lahan pemakamam umum kepada warga. Apalagi, dana itu di dapat dari lahan TPU di wilayah perbatasan yang disewakan kepada warga luar Depok yang berkisar Rp1 juta lebih/tahun. Seperti, TPU Bojongsari, Sawangan, Cinere, Tapos, Cimanggis.

“Lebih dari target yang kami wacanakan pada tahun ini. Memang ini hasil penyewaan TPU kepada warga luar Depok. Sengaja sewanya kami mahalkan karena pemakaman di DKI Jakarta semakin sempit,” ujarnya.

Zambrowi menargetkan pemasukan PAD dari hasil sewa TPU tersebut harus bisa mencapai diangka Rp267.000.000 kalau bisa tembus dari angka yang telah ditargetkan.

TPU yang dikelola oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) melalui UPT TPU seluas 32 hektar, tersebar di sembilan titik di empat kecamatan. Jika dikalkulasikan keseluruhan wilayah pemakaman di Kota Depok, sekitar 43.520 pemakaman yang sudah di sewa. Untuk tarif sewa pun dibedakan antara warga Depok dengan warga diluar Depok. Untuk warha Depok tarif yang dikenakan untuk biaya sewa lahan makam Rp270 ribu per makam  untuk warga diluar dari Depok dikenakan sewa lahan sebesar Rp1.000.000 lebih per makamnya. Sampai saat ini lahan sewa makam yang telah diisi mencapai 30 persen dari total keseluruhan luas lahan sewa makam tersebut.

[MuhammadKhotib / HD]

Rate this article!
Tags: