Michel Platini Usulkan Kartu Putih Di Sepakbola

Michel Platini

HarianDepok.com – Sepakbola – Liga Champions , Presiden UEFA Michel Platini, hadir dengan idenya untuk menerapkan kartu putih di pertandingan sepakbola.

Dalam penjelasannya, Platini menyebut bahwa kartu putih ini memiliki fungsi yang berbeda dari kartu kuning atau kartu merah yang telah ada sebelumnya.

Bukan rahasia lagi bila Michel Platini selama ini dikenal sebagai sosok yang kerap melontarkan ide-ide aneh dan sering kontroversial.

Platini tak menyerah begitu saja. Berbicara di Dubai International Sports Conference, pria Prancis itu kembali melontarkan gagasannya dan menekankan sepakbola tak perlu ragu untuk belajar dari cabang olahraga lain, seperti rugby, demi memperbaiki permainan.

Adapun kartu putih sendiri dimaksudkan sebagai hukuman untuk pemain yang melakukan “dosa” atau sikap tak terpuji di lapangan, contohnya melakukan simulasi atau melontarkan kata-kata tak patut. Pemain yang diganjar kartu ini harus meninggalkan lapangan selama beberapa waktu.

“Kartu putih adalah inisiatif baru. Ini berhubungan dengan tingkah laku para pemain sepakbola. Akting bermain, kritik di lapangan, adalah hal-hal yang tidak diterima oleh orang-orang yang mencintai permainan.

“Dengan adanya kartu putih tersebut, tak perlu ada sanksi larangan bermain. Saya pikir sepakbola mesti belajar dari olahraga lain seperti rugby yang telah memakai sistem ini,” tandasnya.

Akan tetapi rencana itu pertama kali disampaikan Platini pada Oktober silam, namun langsung ditentang oleh Sepp Blatter, sang presiden FIFA, yang merasa belum perlu dilakukan perubahan terhadap aturan yang telah berlaku sejak lama.

 

 

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten