Pemkot Depok Akan Membuat Sodetan Untuk Antisipasi Banjir Di Musim Hujan

Sodetan Antisipasi Banjir Kota Depok

HarianDepok.com – Berita – Sukmajaya , Disaat musim penghujan datang untuk beberapa wilayah di kota depok kerap terkena banjir yang diakibatkan drainase yang kurang baik dan sungai-sungai kecil meluap dikarenakan air kiriman dari kota bogor.

Permasalahan ini membuat Pemkot Depok harus bisa mencari solusi agar masalah banjir kota depok bisa cepat teratasi.Penyodetan di Jalan Juanda pun kini dilakukan oleh Pemkot Depok, tepatnya di dekat lokasi pembangunan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Seperti yang dilansir oleh metrotvnews Penyodetan akan dikerjakan pengembang Tol Cijago di pinggir kiri kanan ruas tol Cijago di Kelurahan Sugu Tamu, Sukma Jaya, Depok.

Menurut Kepala Seksi Pembangunan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Depok, Bahtiar Ardiansyah, Pemkot telah membahas penanganan banjir di Kali Laya dengan investor pengelola tol Cijago. Sodetan itu untuk mengalirkan limpahan air dari Situ Pengarengan ke anak Sungai Ciliwung.

“Sudah disetujui, penyodetan akan dilakukan berbarengan dengan pengerjaan tol,” kata Bahtiar kepada Media Indonesia, Minggu (28/12/2014).

Bahtiar menegaskan, penyodetan sangat diperlukan agar tidak ada lagi kejadian jebol di Kali Laya. Sebab, turap Kali Laya jebol karena limpahan air dari Situ Pengarengan. Sehingga kali tidak dapat menampung air dari Situ Pengarengan.

Jika sudah dilakukan penyodetan, kata dia, maka ancaman jebol di Kali Laya bisa dihindari dan banjir tidak terjadi. Karena Kali Laya merupakan pintu keluar air dari Situ Pengarengan. “Kalau sodetan sudah ada jadi beban Kali Laya tidak berat. Jadi kemungkinan air tidak akan meluap lagi,” ungkap dia.

Namun penyodetan belum dilakukan. Karena dikerjakan berbarengan dengan pengerjaan tol. Saat ini, sebut Bahtiar, masih ada beberapa bidang tanah yang belum diselesaikan pembayarannya sehingga pengerjaan belum dapat dikerjakan.

“Kami masih menunggu (progres). Karena dikerjakannya berbarengan dengan tol,” sebut Bahtiar.

Dengan adanya program penyodetan untuk antisipasi banjir kota depok yang akan dilakukan oleh Pemkot Depok ini , membuat kota depok akan terhindar dari banjir di musim penghujan yang selalu membuat banjir di sebagian wilayah kota depok.

sumber & foto : Metrotvnews

[AndriIdaman/HD]

 

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)