Sayangilah Indra Pendengar “Telinga” Anda

sayangilah telinga anda
HarianDepok.com – Kesehatan , Telinga adalah salah satu organ penting yang ada di diri kita, dapat dibayangkan jikalau kita tidak mempunyai indera pendengaran. Pastinya kita akan sulit untuk beraktivitas dan bersosialisasi.

Telinga merupakan organ tubuh manusia sebagai alat untuk mendengar pada bagian luar telinga disebut ‘Aurikel’ berfungsi sebagai penampung suara yang nanti akan diteruskan ke gendang telinga, lalu disalurkan lagi ke bagian telinga dalam yang berisi cairan koklea dan sel sel rambut lalu akan menghasilkan impuls impuls saraf yang kemudian disampaikan ke otak.

Suara yang bisa diterima secara aman untuk manusia berkisar antara 20hz sampai dengan 20Khz. Dan kekuatan suara yang masih ditoleransi oleh manusia adalah 60 dB (desibel), jadi apabila kekuatan suara melebihi 60 dB dan berdurasi lama, akan mengakibatkan tuli sementara waktu.

Ketika organ telinga menerima ledakan suara dengan kekuatan melebihi 150 dB maka akan merobek jaringan telinga di bagian dalam yang bisa menyebabkan telinga seseorang tuli secara permanen.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok