Ajaib! Fenomena Air Laut Yang Bercahaya Kemilau.

Fenomena Air Laut Yang Bercahaya KemilauHarianDepok.com – Berita Unik , Fenomena air laut bercahaya, mungkin sudah pernah kita lihat di berbagai media. Tentang bagaimana keindahan alam tersebut menjadi sebuah fenomena yang luar biasa.

Berikut ini penjelasan bagaimana fenomena tersebut terjadi dan apa penyebabnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa di laut banyak sekali makhluk hidup dan mikro organisme yang tinggal dan berkembang biak dengan macam macam cara. Salah satunya adalah “Plankton”. Hewan yang di anggap sebagai hewan paling dasar dari rantai makanan di laut ini adalah salah satu pemicu terjadinya fenomena air laut bercahaya.

Jenis Plankton yang bisa membiaskan cahaya hingga terjadi fenomena tersebut adalah Fitoplankton. Jenis plankton ini ukurannya sangatlah kecil, mereka hidup di atas permukaan air laut maupun di permukaan air tawar, dikarenakan sifat mereka Autotrof maka dari itu mereka membutuhkan cahaya dari matahari dan kimia untuk menghasilkan makanan sendiri atau lebih dikenal dengan istilah Fotosintesis.

Mereka bereproduksi dengan cara aseksual, yaitu membelah diri salah satunya. Karena mereka berkembang biak dengan cepat, maka terjadilah satu populasi yang membentuk satu kesatuan.

Karena mereka hidup di atas permukaan air, jika terjadi sentuhan ataupun reaksi kimia mereka akan menghasilkan “Bioluminesensi” atau lebih dikenal sebagai emisi cahaya yang mengakibatkan terjadinya fenomena cahaya di air terjadi.

[Ichuell Lleuhci/MuhammadKhotib/HD]

Tags: